Pendidikan

Ketua IKAPI Jabar : Minat Baca Turun Gara-gara Medsos


Dilihat   43

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Perkembangan teknologi digital seperti media sosial ternyata menyebabkan turunnya minat baca masyarakat kita. Waktu yang tersita untuk membaca buku sekarang diganti mengikuti apa yang sedang tren di media sosial. Demikian dikatakan Ketua IKAPI Jawa Barat Mahpudi di Bandung, kemarin (11/1/2017).

“Budaya baca di kita bukannya tidak ada sebenarnya tapi saat ini juga terpengaruh oleh budaya medsos (media sosial),” katanya.

Ia mengatakan saat ini waktu masyarakat banyak tersita untuk media sosial dibandingkan membaca buku.

“Kan membaca itu kaitannya dengan waktu, kita sekarang trend-nya ke Facebook, WA dan lain-lain,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Mahpudi, saat ini walaupun banyak beredar buku bagus dan berkualitas, minat masyarakat untuk membaca tetap saja rendah. Menurut dia, rendahnya minat baca masyarakat tidak hanya terhadap buku yang dicetak tapi juga terhadap buku digital atau e-book.

“E-book juga sama masih rendah karena selain lebih ribet juga secara teknologi masih belum memadai untuk di Indonesia. Jarang ada yang bertahan berjam-jam membaca e-book karena pencahayaan juga dari gadget,” kata dia.

Mahpudi yang baru dikukuhkan sebagai Ketua IKAPI Jawa Barat Periode 2016-2021 ini mengatakan ada sejumlah langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya memperbanyak ruang baca di tempat publik seperti pusat perbelanjaan, hotel dan lain-lain.

“Bagaimana orang mau baca buku kalau orang tengok kiri, tengok kanan tidak ada bukunya. Ruang baca publik inilah yang harus diperbanyak. Ini peran pemerintah dan pihak lainnya sangat dibutuhkan,” kata dia.

Langkah lainnya adalah meningkatkan kualitas buku dan untuk menghasilkan buku berkualitas harus ada standarisasi.

“Jadi buku yang terbit itu harus benar-benar disukai orang,” kata dia.

Facebook Comments

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Close
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu