Pendidikan

Seto Mulyadi Dorong Ajarkan Etika Batuk ke Anak di Rumah

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Psikolog Dr Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto mengajak orang tua untuk tidak hanya mengajarkan mata pelajaran di sekolah ke anak-anak selama masa Covid-19 ini. Kak Seto juga mendorong orang tua tidak henti mengedukasi anak-anaknya terkait etika batuk dan bersin serta menjaga kesehatan.

Ia juga mendorong orang tua mengedukasi anak-anak untuk menjaga jarak satu hingga dua meter dari orang lain jika terpaksa harus keluar rumah. “Saat bersin, menutup dengan siku bagian dalam,” dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

“Tentu juga diajarkan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Kita harus tetap produktif di rumah baik bagi ayah dan bunda termasuk bekerja dan beribadah dari rumah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kak Seto mengatakan, orang tua harus menjadi guru bagi anak-anak atau menggantikan peran tenaga pendidik di sekolah saat mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah menghadapi Covid-19.

“Untuk menghargai anak-anak, tetap harus bisa sediakan kekuatan sabar yang melimpah dan kreativitas. Mengajar bisa sambil menyanyi atau dongeng bisa dengan boneka,” tuturnya.

Kak Seto mendorong orang tua untuk menjadi guru sesuai dengan tren kekinian, yakni penuh dengan kreativitas dan menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar. Tujuannya, lanjut dia, agar anak-anak tidak stres saat belajar di rumah karena cara mengajar orang tua yang kemungkinan kurang sabar.

Dengan cara edukatif dan kreatif itu, ia yakin penularan virus corona bisa ditekan, yang diawali sinergi dari keluarga.

“Ayah, bunda dan anak-anak dengan potensinya, bersinergi menjadi satu untuk bisa memenangkan upaya melawan corona ini. Mari bersama memang melawan Covid dan Indonesia bisa,” ucap Kak Seto.

Kak Seto hadir di BNPB untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat cara-cara menumbuhkan energi positif di kalangan keluarga khususnya saat berada di dalam rumah menghindari penyebaran COVID-19.

Ia mengajak para orang tua menerapkan cara “GEMBIRA” kepada anak-anak yang merupakan kepanjangan dari gerak, emosi cerdas, makan dan minum sehat, beribadah di rumah, istirahat, rukun dan aktif berkarya.

 

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com