EDUNEWS

Siswa Kampuh Welding Indonesia Raih Medali Emas Pada Kejuaraan Welder International di Beijing China 2019

BEIJING, EDUNEWS.ID-Siswa Kampuh Welding Indonesia Surabaya kembali menunjukkan prestasinya pada kejuaraan welder International di Beijing China 2019 pada tanggal 5-10 September 2019. Kontingen ini diperkuat 2 siswa yang mewakili beberapa kategori pada kejuaraan tersebut. Kejuaraan ini merupakan ajang tahunan yang di ikuti perwakilan hampir seluruh negara di dunia.

Zaid Yuliadi salah satu Official Kampuh Welding Indonesia menyampaikan langsung dari arena tempat penutupan lomba di Beijing China: Alhamdulillah Indonesia meraih juara 1 Firts Prize dan 3 untuk kategori Finish Product SMAW, GMAW, FCAW, dan GTAW atas nama Muhammad Lutfi Zainul dan Juara 2 Firts Prize kategori SMAW juga atas nama Muhammad Lutfi Zainul. Juara 3 juga diborong oleh Masudah Chumairoh untuk proses GMAW. 2 Siswa ini merupkan 2 wakil yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan dunia Welder ini.

Masbukhin yang juga menjadi official dari Kampuh Welding Indonesia menjelaskan tentang GMAW (Gas Metal Arc Welding) adalah salah satu jenis proses Pengelasan atau penyambungan bahan logam yang menggunakan sumber panas dari energi listrik yang dirubah atau dikonversi menjadi energi panas, pada proses Las GMAW ini menggunakan kawat las yang digulung dalam suatu roll dan menggunakan gas sebagai pelindung logam las yang mencair saat proses pengelasan berlangsung.

Baca juga :  Yakoma PGI Gelar Festival Film Perdamaian Bagi Mahasiswa

“Proses pengelasan GMAW ini terjadi karena adanya perpindahan ion anoda dan katoda pada base metal dan logam pengisi sehingga menyebabkan timbulnya energi panas yang menyebabkan logam induk dan filler metal mencair,” jelasnya dalam keterangan yang diterima edunews.id, Senin (9/9/2019)

Masbukhin melanjutkan, pada teknik las GMAW Masudah Chumairoh meraih juara 2 pada kejuaraan ini. Las GMAW adalah sebuah proses penyambungan logam yang menggunakan energi panas untuk mencairkan benda kerja dan elektroda (bahan pengisi).

“Energi panas pada proses pengelasan GMAW dihasilkan karena adanya lompatan ion (katoda dan anoda) listrik yang terjadi pada ujung elektroda dan permukaan material,” ujarnya.

 

Pada proses pengelasan GMAW jenis pelindung yang digunakan adalah selaput flux yang terdapat pada elektroda. Flux pada elektroda GMAW berfungsi untuk melindungi logam las yang mencair saat proses pengelasan berlangsung. Flux ini akan menjadi slag ketika sudah padat.

Baca juga :  Presiden Keluarkan Inpres Revitalisasi SMK

“Alhamdulilah dengan memakai peralatan terbaru siswa Kampuh Welding Indonesia ternyata mampu membuktikan ketrampilannya,” ucapnya.

Zaid Yuliadi ketua Tim ARC Cup Beijing 2019 menyampaikan bahwa kejuaraan dunia ini merupakan ajang para welder untuk unjuk kebolehan teknik pengelasan pada produk sesuai yang dilombakan oleh panitia.

“Alhamdulillah siswa Kampuh Welding Indonesia bisa mengaharumkan nama negara pada kejuaraan dunia segingga bisa menunjukkan kualitas welder Indonesia di kancah International,” katanya.

Moehammad Munir yang sebagai Direktur Kampuh Welding Indonesia yang mendampingi tim selama kejuaraan dunia welder di Beijing menambahkan jika semua siswa yang mengikuti kejuaraan dunia welder di Beijing Cina 2019 ini telah dipersiapkan beberapa bulan di kampus Kampuh Welding Indonesia sesuai dengan kategori lomba.

Baca juga :  Dana Program PIP Di Merauke Belum Tersalurkan

Para welder inspektur dan welder supervisor dengan telaten membimbing mereka sehingga dapat mencapai prestasi pada kejuaraan ini.

“Capaian ini melanjutkan capaian yang telah diraih tahun 2018 dengan keberhasilan memborong medali,” ujarnya.

Pada tahun 2019 ini anak-anak juga bisa kenunjukkannprestasi terbaik pada kejuaraan welder tingkat dunia ini. Semoga pada event tahun berikutnya Kampuh Welding Indonesia bisa ikut berpartisipasi lagi dan dapat meraih prestasi yang gemilang membawa nama harum Indonesia di kancah International.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!