Kesehatan

Berikut Kiat Agar Anda Tidak Terlalu Sering Kencing

EDUNEWS.ID – Tak bisa dimungkiri bahwa terlalu sering buang air kecil bikin tidak nyaman dalam beraktivitas. Bahkan, ada perasaan takut ngompol, sehingga Anda jadi mudah gelisah.

Tapi tenang saja, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini, misalnya:

1. Jangan minum berlebihan

Minumlah dalam jumlah yang cukup. Tidak perlu terlalu banyak, apalagi kalau tidak melakukan aktivitas fisik yang melelahkan dan tidak berada di suhu udara panas.

2. Kurangi kafein dan alkohol

Perhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Kurangi asupan kafein dan minuman beralkohol. Kafein dan alkohol akan membuat Anda sering kencing karena bersifat diuretik.

3. Hindari minuman berkarbonasi

Baca juga :  Waspada Penyakit yang Tiba-tiba Menyerang Saat Traveling

Hindari pula jus cranberry dan minuman berkarbonasi dengan rasa manis. National Association for Continence mengatakan, minuman tersebut dapat memicu Anda untuk terus berkemih.

4. Lakukan double pee

Dokter Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter menyarankan lakukan teknik double pee. Dia mengatakan, mencoba kencing kembali setelah selesai berkemih bisa membantu mengosongkan kandung kemih dengan lebih efektif.

5. Senam kegel

Senam kegel tersebut dapat melatih otot-otot dasar panggul.

“Dengan memiliki otot yang terlatih, Anda mungkin akan memiliki kontrol kencing yang lebih baik. Pada wanita, ini bisa mencegah rahim turun,” ujar dr. Sara.

Sering kencing sehabis minum air bukan disebabkan kebocoran kandung kemih. Melainkan karena jenis minuman dan jumlah yang dikonsumsi, penyakit tertentu, serta ketidakmampuan otot untuk menahan akibat faktor usia.

Baca juga :  Iuran Kelas 3 BPJS Kesehatan Subsidi Ditolak Menkeu dan Menteri PMK

 

 

jpn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!