Kesehatan

Dongkrak Imunitas dengan Makanan Alami

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Dalam melewati periode pandemi virus corona, semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidak sedikit yang kemudian memilih asupan makanan alami.

Ahli gizi dr Johanes Chandrawinata MND SpGK merekomendasikan beberapa bahan alami yang diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh. Tidak perlu mencari asupan yang sulit didapat, berapa bahan yang disarankan juga bisa ditemukan di sekitar kita.

Salah satu asupan alami yang mudah didapat ialah daun kelor. Johanes menjelaskan, daun kelor mengandung beberapa zat gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti beta karoten (pro-vitamin A), vitamin C, dan sedikit zinc.

Daun kelor ini bisa dikonsumsi dengan beragam cara. Johanes mengatakan, daun kelor bisa diseduh sebagai minuman teh ataupun dijadikan sebagai sayur pelengkap makanan.

Selain daun kelor, jamur kancing juga direkomendasikan oleh Johanes. Jamur kancing mengandung selenium dan vitamin B, seperti riboflavin dan niacin.

Lalu jamur tiram mengandung zinc, semangka mengandung glutathione yang baik untuk daya tahan terhadap stres oksidatif, kemudian bayam kaya akan vitamin C, dan ubi jalar kuning kaya akan beta-carotene provitamin A peningkat imunitas. Johanes pun mengingatkan pentingnya menghindari stres oksidatif karena dapat menurunkan kekebalan tubuh.

“Ada beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan tubuh, ada juga yang kaya anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif,” tuturnya ketika dihubungi Republika.co.id, Selasa (31/3/2020).

Di samping jejamuran, bayam, dan semangka, menurut Johanes, bawang putih dan brokoli juga baik untuk sistem iimunitas. Selain itu ada jahe dan buah delima.

“Keduanya kaya akan anti oksidan untuk mengurangi stres oksidatif,” ujar Johanes.

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com