Gaya Hidup

Salon Tutup di Tengah Corona, Berikut Tips Memotong Rambut Sendiri

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ide untuk memotong rambut sendiri bisa berbuah bencana untuk penampilan Anda. Oleh sebab itu memotong rambut sendiri di rumah sesungguhnya tidak direkomendasikan.

Kendati demikian, banyak salon yang tidak beroperasi untuk sementara waktu akibat pandemi corona. Selain itu imbauan untuk tetap berada di rumah saja, membuat sebagian besar dari Anda tidak bisa memotong atau merapikan rambut, kecuali dilakukan sendiri di rumah.

“Anda bisa memotong rambut sendiri bila terdapat cabang pada ujungnya. Namun potonglah rambut lebih sedikit daripada yang seharusnya dibutuhkan,” kata ahli tata rambut Yene Damtew, yang juga merupakan penata rias rambut Michelle Obama ini.

Sementara ahli tata rias rambut Nunzio Saviano mengatakan, bila terpaksa harus memotong rambut sendiri, gunakan gunting yang tajam (bukan gunting dapur atau gunting alat tulis kantor). Penggunaan gunting yang kurang tajam bahkan tumpul, dapat membuat rambut terpotong dengan tidak rata, sehingga kesalahan dalam memotong rambut dapat semakin tinggi.

1. Rambut lurus
Saviano menyarankan untuk rambut lurus, dapat dilakukan pemotongan dalam kondisi rambut kering. Caranya, bagi rambut menjadi beberapa bagian sehingga mudah diatur. Ambil ujung rambut yang dan potong hanya pada ujung rambut, dengan gunting yang dipegang secara horisontal.

“Potong tidak lebih dari setengah inci. Anda dapat memotongnya kembali di lain waktu, namun setengah inci adalah ukuran yang paling tepat sehingga model rambut Anda tidak banyak berubah,” ucap Saviano.

2. Rambut bergelombang
Ahli tata rias rambut Ona Diaz-Santin mengatakan rambut yang kering secara alami sehabis keramas adalah kondisi yang tepat.

Untuk cara memotong, sama seperti rambut lurus. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa rambut Anda tidak ada yang kusut. Selain itu hindari menarik rambut terlalu tegang, supaya Anda dapat melihat tekstur rambut. Ingat, hanya potong pada bagian ujung saja.

Baca Juga :   Soft Opening Barbershop Pedjuang, Sediakan Promo Diskon 50% dan Kopi Gratis Usai Potong Rambut

Bila Anda memiliki rambut panjang dengan layers, Anda dapat mengikat rapi rambut tepat di atas ubun-ubun. Angkat rambut yang sudah diikat tinggi-tinggi, ambil bagian ujung dan potong perlahan-lahan.

“Ingat, bila Anda memotong rambut bergelombang dalam kondisi basah, pastikan tidak ada rambut yang kusut. Dan sebaiknya potong ketika kondisinya lembab bukan sangat basah,” ucap Santin.

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com