Dunia Islam

Rasulullah: Zikir Lebih Kusukai daripada Kekayaan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Aisyah, dikatakan bahwa Rasulullah Muhammad SAW senantiasa mengingat Allah atau berzikir dalam setiap keadaan.

Dalam hadis lain diriwayatkan, Nabi SAW bersabda, “Kalau aku membaca Subhanallah, Alhamdulillah, La Ila-ha Illa Allah, dan Allahu Akbar, maka bacaan-bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapatkan kekayaan sebanyak apa yang ada di bawah sinar matahari” (HR Muslim).

Demikianlah besarnya perhatian Nabi SAW pada kebiasaan berzikir. Sebagai umatnya yang berupaya meneladani beliau, kita hendaknya juga menggiatkan aktivitas ibadah itu. Mulai dari zikir di lisan, hingga zikir yang mantap menetap di dalam hati.

Zikir-zikir yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam hadis tersebut merupakan zikir yang mudah dilakukan. Siapa pun dapat melakukannya, baik yang sudah mencapai tingkatan zikir yang tinggi maupun para awam (orang kebanyakan).

Baca juga :  Penjelasan Al-Qur'an tentang Benda Angkasa Bergerak Melengkung

Berzikir secara teratur dan dengan disiplin perlu diamalkan, mulai dari zikir jali untuk kemudian ditingkatkan pada tingkatan yang lebih tinggi.

Zikir bisa melembutkan hati sehingga seseorang yang melakukannya dapat melihat dan bersedia mengikuti kebenaran serta terpelihara dari godaan setan. Oleh karena itu, berzikirlah dengan terang maupun samar.

Shalat, meskipun merupakan ibadah formal, karena dimaksudkan untuk mengingat Allah SWT, maka ia juga dapat disebut salah satu bentuk zikir (QS 20: 14). Shalat yang dilakukan dengan baik dan dengan zikir yang mendalam akan melindungi orang yang melakukannya dari perbuatan keci dan munkar (QS. 29: 45).

 

 

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!