Khasanah

Ustaz: Bersabar di Rumah saat Ada Wabah, Pahalanya Besar

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kurang lebih sebulan sudah wabah virus Corona atau COVID-19 terjadi di Indonesia. Masyarakat diimbau melakukan aktifitas di rumah, termasuk sholat berjemaah untuk sementara tidak di masjid. Ustaz Oemar Mita mengatakan berada di rumah dan bersabar saat ada wabah berpahala besar.

Menurut Ustaz Oemar sifat syariat Allah SWT yang diberikan kepada manusia sangat luwes dan lentur. Sebab Allah SWT memang bersifat memudahkan setiap makhluknya dan tidak ingin menyulitkan. Misalnya, umat Islam diwajibkan sholat dengan berdiri, namun ketika tidak mampu karena sakit bisa dengan duduk. Begitu juga ketika harus berwudhu untuk sholat, namun tak menemukan air bisa diganti dengan tayamum.

“Sama pula ketika terjadi wabah, di antara hadits yang disampaikan rasulullah dalam hadits Bukhari, bahwasanya orang yang berada di rumah saat wabah terjadi, shobiron muhtasiban, sabar dan mengharapkan pahala dari Allah, akan mendapatkan pahala besar,” ujar Ustaz Oemar Mitha saat berbincang dengan Tim Hikmah detikcom, Kamis, 2 April 2020.

Begitu juga terkait imbauan agar sementara tidak sholat berjamaah di masjid untuk memutus penyebaran virus corona. Ustaz Oemar Mita menjelaskan bahwa ketidakmampuan sholat berjamaah di masjid saat ini bukanlah karena kesengajaan, niat untuk melalaikan atau meremehkan. Melainkan karena adanya wabah virus corona atau COVID-19.

Dalam kondisi seperti saat ini berada di rumah untuk meminimalisir mudharat dan wabah supaya tidak masif menyebar pada kehidupan manusia adalah lebih utama. Majelis Ulama Indonesia (MUI), PB Nahdlatul Ulama dan PP Muhammadiyah juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa untuk sementara tidak sholat berjemaah di masjid. Langkah ini ditempuh karena penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia yang hingga kini belum tertanggulangi.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com