Ekonomi

Berikut Empat Tips Untung Kredit Mobil

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kendaraan roda empat saat ini sudahbukan menjadi barang yang mewah, bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Memiliki mobil juga saat ini semakin mudah. Meski dengan harga yang tak sedikit, tapi Anda bisa memanfaatkan layanan kredit.

Pembelian mobil secara kredit memang menjadi pilihan banyak orang, karena beragam keuntungan. Bahkan pembelian mobil secara tunai di beberapa dealermasih bisa dihitung dengan jari.

Meski demikian, untuk memiliki mobil dengan cara kredit juga perlu mempertimbangkan banyak hal. Tentunya sebelum memutuskan mengambil paket kredit, Anda juga harus menyesuaikan cicilan dan uang muka dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Jika Anda malah memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil idaman di luar kemampuan keuangan, imbasnya justru membawa dampak negatif bagi kestabilan keuangan Anda di masa mendatang. Berikut 4 tips agar tetap untung saat memilih menyicil kendaraan.

1. Pilih Mobil Baru atau Bekas

Jika memang Anda tidak mampu menyicil mobil baru, tidak ada salahnya mengincar mobil bekas. Meski mobil bekas, bukan berarti kondisinya kurang baik. Sejumlah mobil bekas bahkan kondisi fisik maupun dapur mesinnya masih sangat baru karena perawatan yang rutin.

Tak jarang, pembeli juga beruntung bisa menemukan mobil dalam kondisi bekas namun kilometer pemakaiannya masih sangat rendah. Untuk mobil baru, tentu lebih banyak pertimbangan dibandingkan saat memilih mobil bekas.

Baca juga :  Kereta Bawah Tanah di Kota New York Anjlok

Selain itu, ketahui terlebih dulu dengan pasti nilai atau harga pasaran mobil bekas tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah Anda membeli sebuah mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Kalau perlu, lakukan survei pada beberapa dealer mobil bekas atau Anda juga dapat mengetahui hal ini melalui informasi yang banyak beredar di internet. Setelah itu, tentu Anda juga harus mengecek langsung kondisi mesin mobil bekas tersebut.

2. Pastikan Uang Muka dan Cicilan Sesuai Kemampuan

Setelah melihat kemampuan keuangan dengan mobil baru dan bekas, coba lihat lagi tabungan Anda karena ketika mengajukan kredit mobil akan ada uang muka alias Down Payment (DP) yang harus dibayar. Pastikan Anda memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Meski secara aturan besaran uang muka sekitar 20-30 persen, pembeli disarankan membayarkan DP lebih besar untuk meringankan cicilan jika memang memiliki dana yang mencukupi. Utang kredit yang kecil tentu saja meringankan cicilan bulanan, hal ini juga akan mempengaruhi bunga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Baca juga :  2.100 Personel Pengendalian Karhutla Disiagakan

3. Lakukan Simulasi Pembelian

Setelah menentukan jenis mobil dan pilihan pembayaran, supaya Anda bisa memperoleh gambaran yang nyata, maka lakukanlah simulasi kredit. Simulasi akan membantu pembeli dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan bayar kita terhadap mobil yang akan dibeli.

Jika Anda ingin memilih pembiayaan lewat bank, biasanya akan dijelaskan secara rinci mulai dari persyaratan, perjanjian hingga perhitungan kredit kepada calon nasabahnya. Fungsi dari perhitungan simulasi kredit mobil ini supaya Anda semakin memiliki gambaran pembayaran setiap bulannya dan dapat melakukan perencanaan.

Untuk melakukan perhitungan ini, Anda bisa menggunakan kalkulator kredit kendaraan bermotor yang bisa dicari di Google. Jika tidak ingin melakukan perhitungan sendiri, Anda bisa meminta pihak penyedia pinjaman kredit mobil untuk melakukan perhitungan.

4. Ambil Masa Tenor yang Tepat

Kredit mobil biasanya memberikan jangka waktu cicilan atau masa tenor yang beragam. Mulai dari 1 tahun hingga 6tahun, tergantung dari ketentuan masing-masing penyedia pinjaman.

Jika ingin cicilan kredit mobil per bulannya menjadi ringan, Anda bisa mengambil masa tenor maksimum. Tapi dampaknya total keseluruhan kredit mobil jadi lebih banyak karena bunganya pasti juga bertambah sesuai dengan banyak bulan yang diambil.

Baca juga :  Prabowo Sebut Indonesia tak Dihormati ASEAN, CSIS: Sebenarnya Tidak Fair kalau Dibilang Seperti itu

Sedangkan jika Anda ingin total keseluruhan kredit mobil jadi lebih sedikit, maka ambillah masa tenor singkat antara 1-3 tahun. Tentu saja nominal cicilan per bulannya jadi lebih banyak.

Bagi yang memang berencana memiliki mobil baru ataupun bekas, Anda bisa memanfaatkan program KKB BRI. Menariknya, Anda tidak akan dikenakan biaya provisi atau jasa setelah disetujuan pinjamannya oleh Bank BRI.

Adapun jangka waktu atau tenor cicilannya bisa sampai dengan 6 tahun untuk mobil baru dan 4 tahun untuk mobil bekas dengan DP mulai dari 25 persen. Pembiayan kredit mobil dari Bank BRI ini berlaku untuk semua merk dan tipe mobil.

Dengan memanfaatkan fasilitas pembiayaan dari Bank BRI Anda bisa membayar cicilan dengan Automatic Fund Transfer (AFT)/Automatic Grab Fund (AGF). Pembayaran angsuran pertama dapat dilakukan pada in advance atau membayar angsuran pada awal kredit maupun pada in arrear atau angsuran pertama yang dibayarkan pada bulan berikutnya.

Ayo segera manfaatkan program KKB BRI untuk mendapatkan mobil impian dengan mudah! Info lebih lanjut klik di sini.

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!