Ekonomi

KUKM Dinilai Kunci Penguatan Ekonomi Nasional

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Pentingnya pengembangan KUKM (Kelompok Usaha Kecil dan Menengah) dalam penguatan ekonomi nasional menjadi tema penting dalam Seminar Nasional “Sinergitas Pengembangan KUKM melalui Penguatan Peran Antar Daerah di Wilayah Jawa Barat”. Seminar tersebut digelar di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019).

Seminar Nasional ini diselenggarakan oleh ICMI Orwil Jawa Barat dalam acara Silaturahim Kerja Wilayah (Silakwil) ICMI Orwil Jawa Barat.  Kegiatan itu diadakan selama dua hari, 30 November sampai 1 Desember 2019.

Pembicara seminar  tersebut antara lain,  Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof  Dr  Rully Indrawan MSi ; dan Direktur Perkreditan Bank BJB Jawa Barat.

Rully mengatakan,  salah satu kunci sukses penguatan ekonomi nasional adalah pengembangan KUKM dan koperasi. Makanya pemerintah,  secara khusus Kemenkop dan UKM, memberikan perhatian tinggi terhadap hal ini. Hal itu karena pengembangan KUKM dan koperasi  sangat membantu masyarakat kecil dan menengah.

Baca juga :  KPU Temanggung Salurkan Bantuan ke KPPS Sakit

“KUKM akan dikembangkan mengingatKUKM merupakan usaha mikro yang langsung berkaitan dengan masyarakat kecil dan menengah. Salah satu terobosan baru nanti adalah bagaimana mempermudah regulasi perizinan KUKM dan bersinergi dengan kementerian lain karena ada 18 kementerian yang terlibat dalam KUKM ini,” katanya seperti dikutip dakam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, terkait jumlah koperasi,  saat ini terdata sebanyak 25 ribu koperasi walaupun hanya 5 ribu yang dianggap aktif dan dinamis.” Ini juga menjadi PR pemerintah pada saat ini untuk mengembangkan dan menguatkan koperasi,” jelasnya.

Ia menyebutkan, beberapa program baru Kemenkop dan UKM di antaranya adalah mendorong berdirinya Koperasi Pesantren, Koperasi Mahasiswa dan Koperasi Wanita.

Baca juga :  SNSD Terus Diupayakan untuk Datang ke Indonesia

Pembukaan SilakwilICMI Jabar  dihadiri langsung langsung oleh Ketua Umum ICMI, Prof  Dr  Jimly Ash-Shidiqi, para tokoh masyarakat Jabar dan ulama serta intelektual muslim se-Jawa Barat. Yang juga terbilang istimewa,  Silakwil ICMI Orwil Jawa Barat kali ini dibuka langsung oleh Wagub Jabar,   Uu Ruzhanul Ulum atau akrab disapa Kang Uu.

Dalam sambutannya Kang Uu menyampaikan, ia sangat berharap akan peran aktif ICMI dalam membantu pemerintah menyukseskan program-program nasional. Terakhir pesannya, “Pemprov Jabar siap bersinergi dengan ICMI dalam menyukseskan program Jabar Juara”.

Dr Marhaban Singgalingging, ketua ICMI Orda Kota Bekasi, merupakan  salah satu peserta yang  sangat antusias mengikuti kegiatan Silakwil.

“Kami dari Orda Kota Bekasi membawa rombongan 20-an orang pengurus. Hal itu  karena  kegiatan ini sangat bagus dan penting dalam pengembangan kegiatan ICMI ke depan terkhusus ICMI Orda Kota Bekasi,” ucapnya.

Baca juga :  Raja Juli Akui Era Jokowi Koruptor namun Tak Sama Rezim Soeharto

Dr Hadi Gasa Galan  MAg selaku humas kegiatan Silakwil dan mewakili Orwil Jabar mengapresiasi partisipasi peserta.

“Kami selaku humas mewakili panitia, sangat berterima kasih atas kehadiran dan partisipasi peserta dari berbagai daerah yang berjumlah 220 orang. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk dapat mengembangkan peran di daerahnya masing-masing yang lebih baik,” ujar Hadi.

rpl

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!