News

Kepala BPH Migas Ajak ‘Borneo Muda’ Dukung Pembangunan Trans Gas Kalimantan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Acara Konsolidasi Akbar yang di laksanakan oleh Borneo Muda, di Hadiri langsung Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak Gas Bumi ( BPH – MIGAS), Dalam materinya kepala  BPH Migas akan membangun infrastuktur GAS trans Kalimantan, Sabtu, (7/9/2019).

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan pihaknya mendukung Kalimantan sebagai ibu kota Indonesia. Tidak hanya itu, pihaknya akan terus mendorong salah satu visi presiden dalam pembangunan infrastruktur melalui infrastruktur pipa gas bumi.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Konsolidasii Akbar  Borneo Muda  yang mendukung terwujudnya pembangunan Ibukota Baru yang terletak di Pulau Kalimantan, Sesuai janji dari Presiden akan membangun Gas Trans Kalimantan ” katanya, dalam kegiatan Borneo Muda di Hotel Menteng 1 Jakarta.

Baca juga :  Aktivis Muslim Banyak di Persekusi, Kohati PB HMI Gelar FGD

Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), di Pulau Kalimantan terdapat lima kawasan industri yang akan dibangun, yaitu kawasan ekonomi khusus (KEK) MBTK di Kalimantan Timur, kawasan industri (KI) Batulicin dan KI Jorong di Kalimantan Selatan, serta KI Landak dan KI Ketapang di Kalimantan Barat.

Dengan adanya lima kawasan industri tersebut, kebutuhan pasokan energi di antaranya gas bumi akan meningkat.

“Apabila disepakati untuk mewujudkan green energy di Kalimantan dengan mengalihkan kebutuhan listrik dari batu bara dan diesel menjadi gas bumi serta peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk masyarakat melalui jaringan gas kota, maka diperlukan data kebutuhan riil gas bumi masyarakat di Pulau Kalimantan,” tuturnya.

Baca juga :  Pemuda Muhammadiyah Minta Polisi Usut Abai Prosedural di Rutan Mako Brimob

Dalam pengembangan infrastruktur gas trans Kalimantan, Fanshurullah menyebut setidaknya akan tercapainya ketahanan dan kedaulatan energi nasional sehingga roda perekonomian berjalan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Selain itu, infrastruktur gas trans Kalimantan bisa membantu pemerintah dalam pemenuhan energi dan pemanfaatan gas bumi dalam negeri sesuai dengan rencana induk jaringan transmisi dan distribusi gas bumi nasional.

“Selanjutnya, menyambungkan jaringan pipa gas bumi wilayah Kalimantan dan memenuhi kebutuhan gas bumi di sektor industri, pembangkit listrik, hingga kebutuhan jaringan gas rumah tangga dan komersial di Kalimantan,” tambahnya.

Dalam rencana induk 2012 – 2025, telah direncanakan pembangunan jalur pipa gas bumi trans Kalimantan sepanjang 2.249 km yang membentang dari Bontang,Banjarmasin, Palangkaraya, hingga Pontianak untuk mengangkut gas bumi dari Bontang serta Natuna.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!