Ekonomi

Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan ini

EDUNEWS.ID – Memiliki mobil pribadi tentunya akan membuat mobilitas sehari-hari lebih nyaman. Namun, seperti kita ketahui mobil bukanlah barang murah. Jika ketersediaan uang mencukupi untuk membelinya tentu tidak akan ada masalah. Bagaimana jika harga mobil yang diidamkan melebihi budget? Anda dapat mengakalinya dengan mencari mobil yang tipe dan fiturnya sesuai impian di pasar mobil bekas (second).

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari membeli mobil bekas. Pertama, tentu harga yang lebih terjangkau. Harga bisa lebih murah dari harga mobil saat baru diluncurkan, tergantung pada merek, tipe, dan fitur yang ditawarkan. Selain itu Anda tidak perlu mengurus kelengkapan surat-surat kendaraan dari nol dan setelah dibeli mobil sudah bisa langsung dikendarai.

Namun, harus diakui proses membeli mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Diperlukan kecermatan, ketelitian, dan pengalaman lebih. Jika tidak, Anda bisa jadi korban tipu-tipu penjual nakal. Masalah yang biasanya dialami adalah odometer yang dimanipulasi, performa mobil ternyata sudah tidak prima, hingga kenyataan bahwa surat-surat kendaraan tidak bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya.

Nah, agar tidak timbul sesal di kemudian hari usai membeli mobil bekas ikuti kiat-kiat sederhana  ini.

1. Cermat memperhatikan bagian mesin

Buka kap mesin dan periksa bagian dalamnya. Coba perhatikan apakah ada karat atau kerusakan. Periksa juga kondisi fisik mesin, sabuk mesin, dan selang-selang. Pastikan tidak ada kebocoran pada selang-selang dan karat. Cermati juga apakah ada kebocoran oli. Nyalakan mesin untuk mengecek apakah ada suara atau getaran yang tidak wajar pada mesin.

Baca juga :  Penambahan Pimpinan DPR/MPR Picu Pembengkakan APBN

2. Cek kelistrikan

Komponen kelistrikan seperti lampu-lampu, AC, tombol-tombol, dan central lock dapat menjadi indikator baik atau tidaknya sistem perlistrikan mobil. Jika semuanya berfungsi dengan baik maka berarti sistem perlistrikan mobil juga prima.

3. Periksa surat-surat kendaraan

Selain memeriksa kelengkapan surat, Anda juga harus mencermati keaslian dokumen dan tentunya keabsahannya. Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88, anak usaha Astra yang bergerak di bidang jual beli mobil bekas mengatakan bahwa surat-surat kendaraan yang lengkap belum tentu menandakan bahwa mobil bekas yang aman untuk dibeli.

“Risiko bahwa mobil hasil penggelapan bisa saja terjadi. Orang awam berpikir bahwa penggelapan selalu pencurian, padahal tidak juga. Bisa saja pihak penjual bukanlah orang yang berhak melakukan penjualan mobil tersebut. Hal ini akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari. Mobil bisa diblokir, yang rugi pembeli. Bisa juga hasil money laundry,” jelasnya.

4. Waspada mobil bekas tabrak atau terendam banjir

Membeli mobil bekas yang sudah pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir sangat berisiko. Jika tabrakan menyebabkan perubahan struktur, mobil tidak lagi aman untuk dikendarai meski sudah direkondisi. Jika dibawa dalam kecepatan tinggi mobil bisa mengalami hilang keseimbangan. Sementara rendaman banjir dapat menimbulkan kerusakan perlistrikan, mesin, karat, hingga bau tak sedap pada kabin.

Baca juga :  Gerindra Minta UU KPK Dibahas di Legislative Review

“Tips sederhananya jangan hanya lihat body mobil dan mesin, tetapi juga interior. Interior paling susah untuk di ‘make up’. Selain itu harus pintar membaca indikasi, seperti apakah pemilik mobil berdomisili di daerah rawan banjir,” kata Halomoan Fischer.

Demi menghindari kekecewaan usai membeli mobil bekas, Fischer juga menyarankan calon pembeli melakukan transaksi pembelian di tempat yang terpercaya dan memiliki reputasi baik seperti mobil88.

Membawa nama besar Astra, mobil88 yang telah 31 tahun eksis di bisnis jual beli mobil bekas selalu menjamin keamanan dan kenyamanan baik penjual maupun pembeli. Saat ini proses pembelian mobil bekas bisa lebih mudah lagi karena dapat dilakukan secara online melalui mobil88 e-Store yang eksis sejak Mei 2019.

Bukan sekedar situs untuk bertransaksi jual beli mobil bekas, mobil88 e-Store memberi pengalaman lebih kepada pelanggan. Memasuki mobil88 e-Store pelanggan akan merasakan pengalaman berbelanja dengan layanan lengkap layaknya di gerai offline mobil88.

Terdapat fitur Live Chat, simulasi kredit, fasilitas booking dan full payment, rekomendasi gerai Mobil88 terdekat, hingga fitur 360 view untuk memeriksa interior mobil secara online.

Baca juga :  Diisukan akan Digantikan oleh Ahok, Begini Komentar Ma'ruf Amin

Kualitas mobil bekas yang dipasarkan melalui mobil88 e-Store pun dijamin melalui tahapan pengecekan lebih ketat. Ini karena ada pembeli yang melakukan pembayaran penuh secara online. mobil88 biasanya menerapkan empat lapis pengecekan. Mulai dari pemeriksaan menyeluruh dan  menentukan proses rekondisi yang dibutuhkan.

Namun, khusus mobil bekas yang dijual melalui mobil88 e-Store ada satu lapis pengecekan lagi yang dilakukan sebelum di-display di situs e-store. Saat serah terima pengecekan kualitas juga dilakukan bersama-sama dengan pembeli. Ketatnya proses pengecekan ini dimaksudkan untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen.

mobil88 e-Store juga selalu memberi garansi bahwa odometer mobil tidak dimanipulasi, mobil tidak bekas tabrak atau terendam banjir, surat-surat kendaraan lengkap dan tidak bermasalah secara hukum.

“Kami selalu menomorsatukan kepercayaan customer. Mobil yang dijual melalui mobil88 kami cek agar dapat dipastikan aman baik dari sisi legalitas maupun fungsinya,” ucap Halomoan Fischer.

Selain transaksi yang lebih aman dan nyaman, ada satu lagi keuntungan membeli mobil bekas di mobil88 e-Store. Saat ini mobil88 e-Store telah menggelar promo free asuransihingga 6 juta rupiah untuk setiap pembelian mobil khusus melalui e-store baik web maupun aplikasi. Ke depannya masih ada promo-promo menguntungkan lainnya yang sudah disiapkan untuk pelanggan.

kmp

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!