Nasional

Erick Thohir Ditugaskan Perbaiki Hubungan BUMN-DPR

EDUNEWS.ID – Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan memperbaiki hubungan antara kementeriannya dengan DPR yang sempat renggang pada masa Rini Soemarno. Erick berencana menemui para anggota Komisi VI DPR dalam waktu dekat.

Rencana pertemuan Erick disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga kepada awak media dalam pertemuan terbatas di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Kementerian, katanya, juga masih menunggu undangan pertemuan dari Komisi VI DPR.

“Pasti kami akan datang kalau diundang DPR. Saat ini belum ada (undangan pertemuan dari Komisi VI), kami masih tunggu,” kata Arya.

Menurut Arya, ada banyak masalah yang perlu segera dibicarakan oleh Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPR. Pembicaraan tersebut, khususnya menyangkut upaya pembenahan yang tengah dilakukan Erick di kementerian dan perusahaan pelat merah.

“Tapi ya kenalan dulu lah, kan sudah lama tidak, kangen-kangenan dulu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Arya meyakini hubungan kementerian dengan dewan legislatif akan lebih baik ke depan. Hubungan Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPR sempat renggang pada masa Rini Soemarno.

Kerenggangan dipicu oleh perpanjangan Kontrak JICT kepada Hutchison Port Holdings pada 2014 lalu. Keputusan itu dinilai telah melanggar UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran lantaran mengabaikan otoritas pemerintah, yakni Menteri Perhubungan (Menhub), sebagai regulator di pelabuhan.

Atas masalah tersebut, Komisi VI DPR bahkan sempat mengeluarkan surat edaran yang melarang Rini hadir di gedung komisi dalam rapat pemerintah bersama legislatif. Hubungan yang kurang harmonis itu terjadi sepanjang pemerintahan Kabinet Kerja.

“Ya kan sekarang menteri baru, DPR-nya baru, 60 persen orang baru, kelihatannya bisa lah, kami sudah komunikasi. Komentar banyak kok support ke kami terhadap langkah-langkah BUMN sekarang,” ujarnya.

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Kendati begitu, Arya belum bisa memastikan kapan sekiranya pertemuan dengan anggota Komisi VI DPR bisa dilakukan. Erick sendiri, katanya, masih sibuk membenahi kementerian dan perusahaan negara yang sedang tidak punya pucuk pimpinan.

Teranyar, Erick memanggil mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Marta Hamzah. Chandra dikabarkan akan mengisi kursi petinggi bank BUMN.

Sebelumnya, Erick memanggil mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja alias Ahok. Ahok santer dikabarkan bakal menduduki jabatan bos di PT Pertamina (Persero).

cnn

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com