Nasional

JK Sebut OTT KPK Kurang Itu Prestasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai pemberantasan korupsi berhasil bila makin sedikit pejabat yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. JK menganggap, jika makin banyak yang tertangkap, itu bukanlah prestasi.

“Jadi ada perbedaan persepsi, bagi masyarakat yang dianggap sukses itu, kalau makin banyak ditangkap. 10 menteri, 20 gubernur, puluhan bupati atau anggota DPR. Prestasi yang benar ialah kalau makin kurang orang yang ditangkap, karena korupsi sudah berkurang. Itu prestasi,” kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019)

JK menuturkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK menjadi landasan untuk penindakan korupsi. Dia menyebut perlu ada revisi terhadap UU tersebut.

Baca juga :  Perda Dibatalkan, Begini Cara Kepala Daerah Lakukan Perlawanan

“Kita tidak mengurangi kewenangan untuk pemberantasan korupsi. Tetapi suatu kerangka yang mempunyai batas dan juga ada hukumnya dan ada HAM-nya,” tutur JK.

Terkait usulan pegawai KPK menjadi ASN, JK menyebut status ASN tidak akan mempengaruhi independensi. Dia mengatakan penegak hukum lainnya juga ASN dan tak terpengaruh independensinya.

“Hakim juga ASN, apa hakim tidak bisa independen? Tidak berarti ASN berarti tidak independen, tidak. Tergantung caranya, polisi tidak mencampuri proses kok. Pemerintah tidak mencampuri proses selama proses itu sesuai dengan aturan yang ada,” ucapnya.

JK mengatakan, sebagai lembaga pemerintah, seharusnya pegawainya juga diatur dengan benar. Dia mengatakan semua yang bekerja di lembaga pemerintah merupakan ASN.

Baca juga :  Anjing Gigit ART, Polisi Telusuri Unsur Pidana

“Jadi ASN itu justru kita memberikan kepastian bahwa dia diatur dengan benar. Karena pemerintah, semua yang bekerja di lembaga pemerintah itu ASN,” ujarnya.

dtk

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!