Ekonomi

NCID Sebut Ada Manuver Partai Koalisi Untuk Mengukur Kekuatan Oposisi

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, partai politik diluar koalisi pemerintah yang terlihat secara aktif telah membangun kekuatan sekilas seperti memberikan sinyal ancaman bagi partai-partai besar yang selalu mendominasi pemilu dan pilpres. Hal ini ditengarai karena ada peluang di pilpres 2024 tanpa kehadiran incumbent.

“Hadirnya Nasdem ditengah partai-partai oposisi yang sedang membangun kekuatan politik ini menimbulkan tandanya besar, apakah memang murni merupakan strategi politik Nasdem agar mempunya bargaining lebih besar di dalam koalisi pendukung pemerintah, atau mungkin bisa saja peran politik dua kaki yang sedang dimainkan Nasdem ini merupakan bagian dari strategi partai pendukung pemerintah agar bisa mengukur sejauh mana kekuatan politik partai yang saat ini berada diluar pemerintah,” kata Jajat dalam keterangannya, Rabu (20/11/2019).

Jajat menambahkan, untuk saat ini membahas wacana pilpres yang akan datang bisa dikatakan terlalu dini, karena perubahan sikap politik cenderung berubah-ubah seiring dengan kepentingnya masing-masng parpol.

“saya kira hal yang tepat dilakukan oleh partai politik saat ini adalah mengevaluasi hasil dari pemilu dan pilpres 2019 yang lalu,” ujarnya.

Pasalnya, banyak partai yang awalnya fokus membagi peran dalam koalisi pilpres justru malah dirugikan karena raihan suara partainya cenderung stagnan bahkan menurun cukup drastis.

“Hanura, PBB, Perindo, Berkarya bahkan PSI adalah contoh partai yang dalam pilpres 2019 yang lalu cukup aktif menjalankan perannya dalam koalisi masing-masing, namun pada kenyataanya secara keseluruhan partai-partai tersebut terbuti tidak mendapat keuntungan apa-apa bahkah tidak lolos ambang batas parlemen, sehingga disini bisa kita simpulkan, untuk bersaing dalam pemilu tidak cukup bergantung kepada capres tertentu tanpa adanya sistem didalam internal partai yang kuat”, tutup Jajat. (rls)

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com