DAERAH

Aktifitas Galian C di Pemalang Resahkan Warga

 

PEMALANG, EDUNEWS.ID- Aktivitas penambangan galian C di perbatasan Desa semingkir dan Desa sumur kidang Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang menyebabkan warga yang memiliki sawah di daerah aliran Sungai Comal menjadi resah. Takutnya warga musim hujan tiba banjir bandang akan menyebabkan sawah mereka amblas ke sungai.

“Sejumlah warga melaporkan ke kami terkait aktivitas galian C yang nanti menyebabkan sawah mereka amblas ke sungai. Berdasarkan penjelasan warga, kondisi ini sudah berlangsung lama, tapi sampai sekarang belum ada penyelesaian dari pihak terkait,” ujar Ketua Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Perwakilan Pemalang, Rizki Khaeril Amin kepada , Ahad (21/10/2018).

Dijelaskan dia, pihaknya sudah turun ke lokasi untuk melihat langsung ke sungai. “Karena itu, kita berharap kepada polisi dan dinas terkait untuk turun ke lokasi guna melihat langsung galian C yang ada di perbatasan antara desa semingkir dan desa sumur kidang,” ujar Rizki Khaeril Amin.

KPL menuding, dinas terkait dan oknum penegak hukum diduga ikut bermain dalam melegalkan galian C di perbatasan desa semingkir dan desa sumur kidang tersebut. 

“Kalau terus dibiarkan berlarut-larut, nantinya sawah warga akan menjadi korban dan bangunan milik pemerintah yang ada di sekitar daerah semingkir sungai comal juga akan terkena imbasnya. Bahkan, Bendungan Nambo juga bakal ambruk akibat terkikis air efek dari pengambilan galian C,” ulasnya. 

Untuk itu, tukasnya, KPL meminta polisi menindak pemilik galian C yang diduga menyalahi Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2012.

Sampai berita ini diturunkan semua aktifitas masih berjalan, dan belum ada sikap resmi dari Pengusaha terkait Masalah ini. (rls/rzk)

 

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!