DAERAH

Berikut Program Baru Beasiswa LPDP yang Berlaku Mulai Tahun 2021

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan ada peningkatan dana abadi yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Akumulasi dana abadi untuk saat ini sebesar Rp70 triliun.

“Sejak LPDP dibentuk tahun 2012, sejak 2009 bahkan, dalam hal ini beasiswa LPDP saat ini sudah mengakumulasi dana abadi sebesar Rp70,1 triliun. Ini dimulai dengan awalnya dana abadi itu hanya Rp1 triliun jadi suatu kenaikan yang luar biasa,” kata Sri Mulyani acara Merdeka Belajar episode 10: Perluasan Program Beasiswa LPDP, Kamis (22/4/2021)

Dana abadi tersebut terdiri dari dana abadi pendidikan sebesar Rp61,1 triliun, dana abadi penelitian sebesar Rp4,99 triliun, dan dana abadi perguruan tinggi Rp3 triliun, dan dana abadi kebudayaan Rp1 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyampaikan program beasiswa LPDP selama ini terdri atas beasiswa afirmasi yang berbentuk beasiswa kebutuhan khusus dan difabel, beasiswa prasejahtera, dan afirmasi 3T.

Kemudian beasiswa targeted untuk PNS, TNI, POLRI lalu dokter spesialis dan kewirausahaan. Terakhir beasiswa umum seperti beasiswa regular (S2/S3) dan perguruan tinggi utama dunia (S2/S3).

Mendikbud menyampaikan bahwa kebijakan program beasiswa LPDP yang sudah tersedia selama ini dirancang ulang agar proses seleksinya menjadi lebih sederhana.

“Beberapa arah kebijakan baru dalam program-program di tahun 2021 salah satunya adalah bagaimana penerima manfaat beasiswa dapat menjalankan pendidikan bergelar S1, S2, S3 dan program non-gelar yang lebih berkualitas berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Berikut Program-program Baru Beasiswa LPDP yang berlaku mulai tahun 2021:

1. Kampus Merdeka

· Kampus mengajar

· Magang dan studi independen bersertifikat

· Mobilitas internasional

· Pertukaran mahasiswa merdeka

2. Program Dosen dan Tenaga Pendidik (tendik)

· Beasiswa dosen S2 dan S3

· Riset keilmuan

· Magang di industry

· Magang di perguruan tinggi kelas dunia

3. Program Guru dan Tendik

· Beasiswa S2 guru (dalam dan luar negeri)

· Sertifikasi guru (microcredentials)

· Beasiswa S3 guru (dalam negeri)

4. Program Vokasi

· Magang di industri guru SMK

· Beasiswa S1 Guru SMK

· Beasiswa kegiatan dosen vokasi di luar kampus

· Sertifikasi magang dan pelatihan dosen dan tendik vokasi

· Beasiswa dosen vokasi S2 dan S3 (dalam dan luar negeri)

· Riset keilmuan terapan di dalam negeri

5. Program Prestasi

· Beasiswa S1 siswa berprestasi

· Beasiswa S2 mahasiswa berprestasi

6. Beasiswa Kebudayaan

· Beasiswa S1 (dalam negeri), beasiswa S2 (dalam dan luar negeri) kebudayaan

Nadiem juga menambahkan untuk lebih lanjutnya informasi mengenai beasiswa LPDP dapat diakses di situs www.lpdp.kemenkeu.go.id dan di beasiswa Kemendikbud. Beasiswa LPDP ini dibuka pada tanggal 2 Mei 2021.

dtk

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com