DAERAH

Bupati ini Izinkan Warganya Pakai Mobil Dinasnya ke Acara Nikah

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengizinkan warganya menggunakan mobil dinasnya untuk acara pernikahan.

KEBUMEN, EDUNEWS.ID – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengizinkan warganya menggunakan mobil dinasnya untuk acara pernikahan. Warga bisa memakainya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, bahkan lengkap dengan sopir yang siap antar jemput mempelai.

Fasilitas mobil dinas gratis untuk warga yang hendak menikah merupakan upaya pemkab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bupati juga telah meminta kepada seluruh camat untuk memasang baliho-baliho yang bergambar mobil dinas Bupati lengkap dengan informasi peminjaman.

“Fasilitas yang diberikan kepada saya selaku Bupati Kebumen sama saja fasilitas untuk rakyat. Harapannya masyarakat yang menikah dan tidak memiliki mobil dapat menikmatinya, dan menjadi momen bahagia yang dikenang, bahagia untuk semua masyarakat,” ujar Arif Sugiyanto dihubungi detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Arif menjelaskan, mobil dinas berupa Sedan Camry bernomor polisi AA 1 D tersebut bisa dipinjam dengan beberapa syarat. Untuk program pinjam mobil dinas itu sendiri masih akan berlangsung selama Arif menjabat sebagai Bupati Kebumen.

“Driver dan BBM sudah disediakan, untuk syaratnya mobil dinas hanya boleh dipakai warga dalam acara pernikahan atau sepasang pengantin yang ingin melaksanakan akad nikah dan warga yang memiliki KTP Kebumen,” terangnya.

“Selain itu, mobil dinas boleh dipinjam hanya pada hari Sabtu atau Minggu, dan pemakaian hanya untuk wilayah Kebumen bukan keluar kota. Bagi masyarakat yang berminat cukup dengan mengajukan surat permohonan kepada Bupati Kebumen dikirimkan ke Bagian Umum, 30 hari sebelum pelaksanaan pernikahan,” tuturnya.

Selain syarat tersebut di atas, sepasang pengantin juga wajib menanam dua batang pohon terutama yang bisa menahan air. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan sejalan dengan visi misi bupati.

“Untuk pohon yang ditanam adalah pohon penahan air seperti trembesi. Hal ini untuk menjaga kelestarian lingkungan, apalagi saat kemarau cenderung mata air berkurang sehingga perlu pencegahan dengan penanaman kembali,” tambahnya.

Sementara itu, raut wajah bahagia nampak dari sepasang pengantin baru Muhammad Iqbal Syafi’ (26) dan Waridatun Nida (25) yang telah melangsungkan akad nikah pada Jumat (2/4/2021) kemarin.

Hari ini, kedua mempelai itu akan merayakan pesta pernikahan dengan menaiki mobil dinas Bupati Kebumen dari kediaman mempelai perempuan di Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan menuju kediaman mempelai laki-laki di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen.

Iqbal dan Nida tak menyangka jika di hari spesialnya itu mereka bisa berduaan menaiki mobil dinas Bupati Kebumen. Pasangan yang berpacaran dari tahun 2013 itu berharap agar program tersebut bisa dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Seneng banget, nggak nyangka bisa naik mobil bupati, rasanya seperti pejabat. Terimakasih untuk Pak Bupati,” kata Nida saat ditemui detikcom di kediamannya, Sabtu (3/4/2021).

“Programnya bagus, karena mobil pejabat bisa dipakai dan dirasain sama rakyatnya. Pak Bupati masih memikirkan rakyatnya karena mobil boleh dipinjem. Kami harap program ini bisa dilanjutkan terus,” pungkas Iqbal.

dtk

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com