DAERAH

Gandeng Dinas, Balai POM Awasi Keamanan Pangan Disejumlah Pasar di Gorontalo

GORONTALO, EDUNEWS.ID – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Gorontalo bersinergi dengan beberapa Dinas, seperti Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Dinas Perindag Kabupaten Gorontalo, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo untuk melakukan pengawasan keamanan pangan di Pasar Bongo Meme dan sentra buah Isimu, Rabu (24/3/2021).

Kepala Balai POM dan Kepala Dinas Pangan Provinsi serta Kabid Perdagangan Dinas Perindag Kabupaten Gorontalo turun langsung ke lokasi untuk melakukan pengawasan.

Kegiatan yang dilakukan memberikan kampanye pasar aman dari bahan berbahaya kepada pedagang dan pengunjung pasar dengan membagikan brosur keamanan pangan serta penempelan poster keamanan pangan, di lokasi Pasar Bongomeme, Kaliyoso.

Tak hanya membagikan brosur kepala BPOM bersama kepala dinas lainnya membagikan hand sanitizer dan masker kepada pedagang pasar dan pedagang buah Isimu.

Selanjutnya BPOM melakukan pengambilan sampel dan uji cepat produk pangan yang dijual di pasar dan sentra buah Isimu.

Dari Hasil uji menunjukkan hasil negatif bahan berbahaya terhadap seluruh sampel, sementara itu Dinas Pangan melakukan pengambilan sampel sayuran untuk diuji cemaran pestisida, E-coli dan timbal.

Usai melakukan hasil uji, kegiatan di lanjutkan dengan pembinaan kepada pedagang pasar dan memberikan pengawasan terkait kemasan dan standar barang beredar di pasar.

Kepala Balai POM menyatakan bahwa pengawasan terpadu ini merupakan bukti bahwa pemerintah hadir untuk melindungi masyarakat dari peredaran produk pangan yang tidak memenuhi syarat.

“Balai POM secara rutin turun melakukan pembinaan dan pengawasan keamanan obat dan makanan, baik itu secara mandiri maupun bersinergi dengan lintas sektor terkait,” ujar Kepala Balai POM Agus Yudi Prayudana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan menghimbau kepada pedagang untuk selalu menjual produk-produknya pangan aman dan bermutu serta selalu menjaga kebersihan tempat berjualan.

Baca Juga :   Proses Pilrek UNM Buntu, Imbas Investigasi Kemendikbud Dugaan Pelanggaran

Dalam kegiatan ini, turut dilibatkan Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan untuk membantu mengedukasi pedagang dalam hal keamanan pangan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com