DAERAH

HMI MPO Dirikan Posko Induk di Pusat Gempa di Majene dan Mamuju

posko induk HMI MPO Cabang MAJENE di jalan poros Majene -Mamuju, Bukit Tinggi, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

MAJENE, EDUNEWS.ID – Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Majene bekerjasama Pengurus Besar PB HMI MPO mendirikan posko induk di jalan poros Majene -Mamuju, Bukit Tinggi, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal tersebut disampaikan oleh, Ketua HMI MPO Cabang Majene, Hasbi kepada wartawan Edunews.id, Sabtu (23/01/2021).

Ia sengaja mendirikan pusat penampungan donasi di jalan poros tersebut, untuk memudahkan menerima pasokan bantuan.

“Iya, sengaja kami dirikan di bukit tinggi, selain mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, juga menjamin efektivitas dalam proses distribusi logistik,” kata Hasbi, yang juga kordinator lokal posko induk HMI MPO di Majene.

Baca juga :  Kongres Sorong, Mantan Ketum PB HMI Gelar Pertemuan di Makassar

Pihak juga penyalurkan bantuan di desa atau tempat pengungsian, yang tidak terjangkau atau jauh dari jalan trans Sulawesi.

Selain itu, Hasbi meminta doa dan semangat teman-teman HMI MPO se-Indonesia agar bencana alam yang terjadi di Provinsi Sulbar cepat berlalu.

“Doa dan simpati teman-teman akan sangat membantu, semoga lekas pulih Sulbar,” harapnya.

Diketahui, pada Juma’at 15 Januari 2021, gempa bumi mengguncang kabupaten Majene dan sekitarnya, ada dua kecamatan paling terdampak lansung, yaitu kecamatan Malunda dan Ulumanda.

Terhitung gempa berkekuatan besar terjadi sebanyak duakali, pertama; 5,9 Magnitudo terjadi pada pukul 14.25, dan gempa susulan terjadi pada pukul 02.35 Subuh hari, berkekuatan 6,2 Magnitudo.

Baca juga :  Wow, Ada Menteri Kabinet Kerja Ikut Ujian Paket C

Dampak yang ditimbulkan akibat gempa ini, ialah pemukiman, rumah warga serta fasilitas umum mengalami kerusakan parah. Jika tidak roboh, kondisi bangunan retak-retak, sehingga tak layak huni lagi, dikarenakan dapat mengancam nyawa dikemudian hari.

BMKG Kabupaten Majene memperingatkan kepada warga agar tidak melakukan aktivitas di dalam rumah, sebab gempa susulan masih berpotensi terjadi. Hal ini mengharuskan masyarakat mengungsi untuk sementara waktu di daerah dataran tinggi.

 

Posko Induk HMI MPO Cabang Mamuju, di Depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU), jalan Ir Juanda, kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Selain di Majene, HMI MPO Cabang Mamuju juga mendirikan posko induk, di Depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU), jalan Ir Juanda, kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com