DAERAH

JIMI Desak KPK Investigasi Dana Guru Honorer di Aceh

ACEH, EDUNEWS.ID- Don Zakiyamani, Ketua Umum Jaringan Intelektual Muda Islam (JIMI) menyatakan, dirinya mendapat laporan belum diselesaikannya kewajiban pemerintah Aceh terhadap guru honorer disana.
“Padahal SK pengangkatan mereka berakhir 31 Desember 2018 yang lalu. Berulangkali pemerintah Aceh melalui kadis pendidikan berjanji namun sampai kini masih cukup banyak yang belum dilunasi,” jelasnya dalam keterangannya ke edunews.id, Rabu (16/1/2019)
Ia menuturkan, janji tersebut tidaklah mampu membayar utang para guru honorer yang belum dibayar gajinya. Karenanya, Jaringan Intelektual Muda Islam (JIMI) meminta KPK segera turun ke Aceh.
“Kami menilai kewajiban yang ditunda menunjukkan ada yang salah dalam pengelolaan keuangan daerah. Harus segera diinvestasi agar dugaan penyelewengan dapat dikonfirmasi,” tuturnya.
Menurutnya, karena program Aceh Carong merupakan program Irwandi Yusuf semasa aktif, kiranya KPK dapat memulai Investigasi dengan meminta konfirmasi dari Irwandi Yusuf. JIMI berharap KPK menjadi ksatria bagi pendidikan, KPK tidak perlu ragu untuk menurunkan timnya ke Aceh.
Advertisement
“Soalnya telah terjadi kebohongan yang dilakukan pihak terkait,” katanya.
Menurut Informasi, ia melanjutkan, dana 267 Miliar sudah dibayarkan kepada seluruh guru honorer, tapi fakta yang kita temukan berbeda.
“Ada guru yang hanya dibayar tidak lebih dari 5 persen dari haknya, Rata-rata mereka belum dibayar lebih dari 6 bulan. Sekarang sudah nyaris sebulan sejak pernyataan kadis pendidikan tersebut, namun kewajiban itu belum dilaksanakan pemerintah Aceh,” bebernya,
Laporan tim JIMI di Aceh juga mengatakan bahwa banyak guru honorer yang terjerat utang karena janji palsu pejabat Aceh tersebut. Selama ini mereka mengajar tanpa gaji bulanan, harapan mereka diakhir tahun akan dibayar sehingga untuk biaya bulanan selama ini mereka utang kesana-kemari.
“JIMI mendesak agar keadilan ditegakkan, siapapun yang melanggar harus mendapat hukuman,” pungkasnya.
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com