DAERAH

Kapal Ferry Bili Terbalik di Kalbar, Begini Kronologinya

Kapal Ferry/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.IDCorporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan kronologi kejadian kapal ferry terbalik.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili terbalik saat hendak bongkar muat di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

“Terbaliknya KMP Bili saat bongkar muat pada Sabtu (20/2) sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)Shelvy Arifin di Pontianak, seperti dikutip Antara, Sabtu (20/2/2021).

Kata dia, beberapa penumpang yang mengalami luka ringan semuanya langsung dievakuasi dan ditangani di Puskesmas Tekarang.

Sementara, Kepala KSOP Kelas IV Sintete, Yuli Indrawanto menuturkan insiden terjadi saat KMP Bili hendak bersandar di Dermaga Parigi Piai. Di saat bersamaan, para penumpang KMP Bili turun dari salah satu sisi kapal.

Baca juga :  Usai UNBK, Polrestabes Medan imbau Pelajar SMA Tidak Konvoi

Akibat hal itu, kapal mengalami keseimbangan dan menyebabkan tali yang digunakan untuk kapal bersanadar putus. Seketika itu kapal terbalik.

Berdasarkan data , terdapat 72 orang penumpang dan 15 kru di KMP Bili. Adapun muatan barang yang diangkut oleh kapal itu adalah 11 mobil truk bermuatan pasir dan batu giling, 1 mobil bengmel, 1 unit mobil pribadi, dan 40 sepeda motor.

ASDP juga telah melakukan proses pengapungan KMP Bili, serta menghubungi PT Jasa Raharja untuk memastikan hak asuransi dari penumpang.

Bupati Sambas Atba Romin Suhaili menyampaikan sejumlah orang yang ada di KMP Bili hanya mengalami luka dan telah dilarikan ke layanan kesehatan terdekat.

Selain itu, dia mengaku terus memantau kondisi korban dan segera memanggil penanggungjawab untuk segera menyiapkan kapal alternatif secepatnya.

Baca juga :  Unhas dan ICDF Taiwan Optimis Perbanyak Penangkaran Benih Padi Bermutu di Sulsel

Dia menambahkan bahwa jalur penyebrangan sungai Tebas Kuala – Tebas Seberang akan dialihkan ke Jembatan Semantir di Perigi Parit, Teluk Keramat.

“Untuk sementara itu langkah cepat kita. Semoga semua berjalan lancar dan tanpa kendala lagi,” tuturnya.

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com