DAERAH

Kemenkes Beri Mobil PCR ke Pemprov Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menerima Kepala BTKLPP Kelas I Manado, Suharto bertempat di Rumah Jabatan, Rabu (10/3/2021).

KOTA GORONTALO, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendapat kendaraan Polymerase Chain Reaction (PCR) Mobile dari Kementrian Kesehatan RI melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado.

Hal itu diketahui saat Kepala Balai BKLPP Suharto audiensi dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Rumah Dinas, Rabu (10/3/2021).

Gubernur Rusli atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementrian Kesehatan RI yang peduli terhadap daerah. Terlebih lagi, dari 10 unit PCR Mobile yang dialokasikan secara nasional, salah satunya untuk Gorontalo.

“Alhamdulillah harapan kami terjawab sudah, bahwa kita dapat hadiah PCR Mobile. Harganya Rp6,5 miliar dan sekarang mobilnya sudah berada di Manado, Sulawesi Utara. Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada Kementrian Kesehatan khususnya Pak Suharto (Kepala BKLPP) yang sudah jauh-jauh ke sini,” kata Gubernur Rusli.

Rusli berharap bantuan ini bisa mempercepat dan mempermudah pemeriksaan swab covid-19 bagi warga. Terlebih, mobil ini bisa bergerak menjangkau daerah tertentu dengan pemeriksaan laboratorium di tempat.
“Harapan saya mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Jadi mobil ini bisa mengurangi beban BPOM (sebagai laboratorium PCR). Jadi kalau ada satu kelurahan yang terkonfirmasi positif, mobil ini bisa turunkan ke sana,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala BTKLPP Kelas I Manado Suharto menjelaskan, PCR Mobile memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pemeriksaan swab PCR. Dalam waktu satu jam bisa memeriksa 96 sampel pasien.

“Kalau lab statis kita kan ambil sampel bawa ke lab. Nah ini sampelnya langsung diproses di tempat. Nanti tenaga di Gorontalo kita traning dan berikan semacam pendampingan,” jelasnya.

Pihaknya memprediksi bantuan kendaraan PCR Mobile tiba di Gorontalo akhir bulan Maret 2021. Saat ini kendaraan tersebut sedang di upgrade di Manado sebelum benar benar siap dikirim dan digunakan.

Baca Juga :   Dua Penantang yang Berpotensi jadi Lawan Chaidir Syam di Pilkada Maros

(Isam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com