DAERAH

Ketua PBNU Minta Umat Beragama Bantu Warga Asmat

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud mengatakan bahwa semua umat beragama di Indonesia wajib membantu masyarakat yang terkena dampak kejadian luar biasa (KLB) gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat, Papua.

Ia berharap semua umat, termasuk pengurus NU di Papua untuk membantu memecahkan persoalan di wilayah timur Indonesia ini. “Saya mengharapkan pertama untuk NU yang di sana juga segera ikut memecahkan persoalan itu dan juga umat-umat lainnya,” ujarnya, Kamis (18/1/2018).

Namun, lanjut dia, yang paling wajib membantu adalah pemerintah. Karena, menurut dia, dengan adanya kejadian luar biasa tersebut berarti selama ini pemerintah telah lalai, khususnya pemerintah yang ada di daerah.

Baca juga :  Waspada Kebakaran Hutan dan Gelombang Tinggi di Kalimantan

“Sampai terjadi begitu berarti ada kealaian dari pemerintah. Pemerintah pusat mungkin jauh, tapi pemerintah setempat apa memang tidak ada informasi yang masuk sama sekali?,” ucapnya Ketua BidangKerukunan Umat Beragama MUI ini.

Advertisement

Marsudi mengatakan, bencana kemanusiaan yang terjadi di Asmat merupakan kewajiban bagi semua pihak tanpa memandang suku, ras, atau pun agama. Karena itu, tidak sedikit lembaga filantropi Islam yang juga menerjunkan tim kesehatan ke Kabupaten Asmat.

“Kalau sudah menyangkut kemanusiaan itu tidak usah dilihat siapa mereka, agamanya apa, keyakinannya apa, kepercayaannya apa. Untuk membantu kemanusiaan semacam ini itu tidak dilihat kayak gitunya,” katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya kabar buruk tentang meninggalnya puluhan anak karena disebabkan gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat belakangan ini mengejutkan dunia.

Seluruh pihak bersedia mengulurkan tangan, termasuk lembaga-lembaga filantropi Islam dan juga organisasi kemanusiaan. Tercatat setidaknya sudah ada 67 anak yang meninggal di Kabupaten Asmat sejak September 2017 lalu hingga saat ini. Namun, jumlah tersebut kemungkinan semakin bertambah.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com