DAERAH

Menkeu Sri Mulyani Catat Sejumlah Daerah Ajukan Pinjaman di Pemerintah Pusat

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat sejumlah daerah telah mengajukan pinjaman kepada pemerintah pusat. Pinjaman ini diberikan melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut saat ini sudah ada 28 daerah yang telah mendapatkan pinjaman melalui PT SMI. Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), realisasi pinjaman daerah mencapai Rp19,13 triliun dari alokasi sebesar Rp15 triliun tahun lalu.

“PT SMI sudah memberikan kepada 28 daerah dan masih ada beberapa daerah yang sekarang mulai mengajukan permintaan untuk mendapatkan dukungan pinjaman dalam rangka pemulihan ekonomi,” kata dia dalam video virtual, Senin (5/4/2021).

Ia mengatakan, PT SMI juga memberikan pinjaman kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengalami tekanan selama pandemi covid-19. Dukungan PT SMI sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan diharapkan membantu kinerja BUMN.

“PT SMI menangani beberapa BUMN yang mengalami kondisi dampak yang sangat signifikan akibat covid. Dengan melakukan restrukturisasi dan kita berharap akan memulihkan kembali kesehatan BUMN tersebut,” tuturnya.

Baca juga :  JICA Berikan Pinjaman USD 71.627 untuk UGM Bangun Pusat Riset Internasional

Dia menambahkan, keterlibatan PT SMI sebagai perpanjangan tangan pemerintah adalah untuk memberikan dukungan kepada dunia usaha selama pandemi. Pasalnya pemerintah juga memberikan insentif perpajakan kepada dunia usaha agar kembali pulih.

“PPh 21, PPh 25, PPh impor, bea masuk ditanggung pemerintah terutama vaksinasi itu luar biasa besar sekali, jg PPN dalam rangka memberikan dukungan untuk pemberian pembayaran kembali sehingga dunia usaha mendapatkan keringanan atau dalam hal ini tekanannya menjadi lebih kecil sehingga mereka bisa pulih kembali,” ujarnya.

okz

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com