DAERAH

Pascasarjana Unhas Salurkan Bantuan untuk Sulbar

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Bencana alam gempa bumi di Sulawesi Barat terjadi pada 15 Januari 2021 lalu. Gempa dengan kekuatan 6.2 Magnitudo ini memporakporandakan beberapa kota utama, seperti Mamuju dan Majene. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan lebih 100 orang meninggal dunia, lebih 600 orang alami luka sedang dan berat.

Data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menyebutkan angka pengungsian lebih 91 ribu, tersebar di berbagai titik baik di Mamuju maupun Majene. Secara berangsur-angsur, upaya pemulihan (rehabilitasi) paska bencana mulai dilakukan.

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Hasanuddin turut ambil bagian dalam upaya memulihkan situasi pasca bencana di Sulawesi Barat. Bekerja sama dengan beberapa institusi lain, yaitu: Ikatan Keluarga Besar Magister Ilmu Biomedik SPs Unhas, Magister Kebidanan, Magister Manajemen, Magister Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (Otoda), serta Ikatan Alumni Sekolah Pascasarjana Unhas.

Pada Kamis (4/3), SPs Unhas meluncurkan program bantuan armada pangan dan baby care untuk korban bencana di Mamuju, Sulawesi Barat. Penyerahan bantuan dipimpin oleh Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, yang diwakili oleh Prof. Muhammad Amri (Bidang Inovasi, Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan).

Tim Penanggulangan Bencana SPs Unhas membawa sejumlah bantuan, berupa logistik, alat medis, perlengkapan bayi, dan kebutuhan pokok lainnya. Bantuan ini selanjutnya akan ditempatkan pada Posko Siaga Bencana SPs Unhas, untuk diteruskan ke posko-posko pengungsian yang masih ada di beberapa titik di Mamuju.

Dalam penyaluran bantuan ini, Tim Penanggulangan Bencana SPs Unhas berkoordinasi dengan pemerintah setempat, untuk memastikan bantuan tersalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban yang dihadapi oleh warga dan pemerintah daerah setempat, sehingga proses pemulihan paska bencana dapat berlangsung lebih cepat.(*/ir)

Baca Juga :   Emak-emak di Pasar Bone Curi Dompet Pembeli

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com