DAERAH

Pegiat Literasi Diminta Perkuat Kolaborasi dan Database

Spread the love

BANYUMAS, EDUNEWS.ID- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati melalui Kebid PNF, Triasih Kartikowati mengatakan bahwa pegiat literasi TBM Banyumas harus berkolaborasi dengan berbagai stekholder. Selain iu juga diminta supaya mendata Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Banyumas supaya memperoleh data yang falid. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Banyumas di Zoom Meeting, Jum’at (22/1/2021) lalu.

“Sebagai masyarakat pembelajar, kita harus masuk ke semua lini, karena untuk meningkatkan literasi dan kolerasi positif membutuhkan CSR dan industri kreatif lainya,” papar Triasih Kartikowati.

Untuk melaksanakan kolaborasi antar stekholder, lanjut dia, para pengurus harus harmonis dan bahu membahu dalam melaksanakan program kerja.

Baca juga :  DPR Pertanyakan Strategi Perpusnas Tingkatkan Literasi Indonesia

“Para pengurus FTBM Banyumas harus saling memahami fungsi dan tugas masing-masing agar visi dan misi bersama yang dirumuskan tetap bisa dijalankan sesuai dengan inovasi yang diimpikan,” tegasnya.

“Kita juga boleh mengambil inspirasi dari kepemimpinan sebelumnya apa yang telah dilakukan, termasuk nama FTBM Banyumas yang telah diangkat sampai tingkat nasional,” sambung dia.

Sedangkan terkait dengan pendataan TBM, masih banyak TBM mandiri yang belum terdata. Hal tersebut menjadi pekerjaan tersendiri yang harus dikerjakan oleh pengurus FTBM Banyums pimpinan Fajar Pujianto.

Ketua FTBM Propinsi Jawa Tengah, Triyono, yang juga melantik pengurus FTBM Banyumas periode 2021-2026 memberikan apresiasi karena telah melaksanakan kegiatan pelantikan secara virtual untuk pertama kali di Jawa Tengah.

Baca juga :  PARKINDO Sulsel Sayangkan Gubernur Terpilih Nurdin Abdullah Hentikan Event Lovely Desember Toraja

 “Selamat untuk pengurus FTBM Kabupaten Banyumas periode 2021-2026 yang telah dilantik. Ini adalah pelantikan secara virtual yang pertama di Jawa Tengah. Semoga FTBM Banyumas menjadi pengurus yang solid dan dapat menjalankan programnya degan maksimal serta menjadi FTBM yang unggul,” ungkap Triyono yang masa kepengurusannya segera berakhir.

Sambutan lainnya, demisioner ketua FTBM Banyumas, Heru Kurniawan menyarankan supaya tetap menjalin silaturrahim yang baik dengan berbagai elemen yang telah dijalankan di kepengurusannya.

“Tetaplah menjalin komunikasi yang baik dan silaturrahmi tetap terjaga dengan berbagai stekholder yang telah terjalin sebelumnya. Banyumas ini mempunyai semunya, Banyumas bisa menjadi baromoter FTBM baik di tingkat nasional maupun sampai go internasional. Untuk saat ini, Banyumas berada di peringkat ke-dua nasional dalam loyalitas di media sosial FTBM Pusat,” kata dia yang juga menjadi pengurus pusat FTBM Indonesia.

Baca juga :  Keluarga Korban KM Sinar Bangun Sepakat Pencarian Dihentikan

“Semangat bekerja untuk 5 tahun ke depan. Tetap kompak dalam segala hal, termasuk dalam menjalankan roda organisasi dan mengemban amanat literasi TBM di Banyumas. Semoga visi dan misi berjalan dengan baik dan Banyumas bisa menjadi kabupaten wisata literasi. Terima kasih FTBM Propini Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, demisioner FTBM Banyumas, panitia pelantikan, pengurus dan anggota FTBM Banyumas, dan semuanya yang telah membantu berbagai kegiatan FTBM Banyumas, ” pungkas Fajar Pujianto selaku ketua FTBM Banyumas. (cr/Fajar Pujianto)

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com