DAERAH

Pemerintah Bentuk 6 Kampung Siaga Bencana Atasi Gizi Buruk di Asmat

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Sosial merekrut Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Asmat. Langkah ini salah satu kebijakan untuk penanganan kasus campak dan gizi buruk di kabupaten tersebut.

“Hal ini sejalan dengan rencana tindak lanjut dan kebijakan Menteri Sosial terkait penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang terjadi di Asmat,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Margowiyono melalui siaran pers, Kamis (8/2/2018).

Dia menuturkan, Tagana direkrut dalam program ini dengan pertimbangan kapasitas dalam kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana. “Dengan adanya tenaga terlatih dari unsur masyarakat diharapkan dapat mempercepat mobilisasi bantuan sosial secara efektif,” lanjutnya.

Baca juga :  Warga Asmat Hadapi Masalah Akulturasi

Sebanyak 30 orang pemuda dari Distrik Agats direkrut menjadi anggota Tagana, selama tiga hari mereka dilatih dasar-dasar penanggulangan bencana. Materi yang akan disampaikan adalah tentang keahlian penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial seperti manajemen pengungsi, logistik dan dukungan psikososial.

Sementara itu, Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana, Tetrie Darwis memyampaikan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk pengembangan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Kabupaten Asmat merupakan daerah rawan bencana.

“Dengan hadirnya Tagana disini, diharapkan bisa membantu persoalan yang dihadapi dengan cara berjejaring dengan penggiat kemanusiaan lainnya. Dengan harapan dapat memberikan respon cepat jika terjadi bencana,” ujar Tetrie.

Selain merekrut Tagana, Kementerian Sosial juga akan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di enam kampung yang ada di Distrik Agat. Pemerintah Daerah menyambut baik dan memberikan dukungan program-program Pemerintah Pusat yang diluncurkan di Kabupaten Asmat.

Baca juga :  Komunitas Wartawan di Jayapura Gelar Aksi Koin untuk Gizi Buruk di Asmat

“Saya bersyukur Tim Kemensos RI telah hadir disini untuk melakukan kegiatan – kegiatan positif untuk Kabupaten Asmat.” ucap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asmat Amir Mahmud.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!