DAERAH

Presiden Jokowi Ajak Wisatawan Kunjungi Negeri di Atas Awan usai Resmikan Bandara Tana Toraja

Bandara Tanah Toraja/Ilustrasi.

TORAJA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo mengajak wisatawan berkunjung ke Negeri di Atas Awan hingga kawasan wisata Pango-Pango, setelah Presiden meresmikan Bandara Tana Toraja di daerah Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek.

Jokowi dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman tiba di Bandara Tana Toraja menggunakan pesawat ATR 72-600 pada Kamis (18/3/2021) sekitar pukul 11.30 Wita. Jokowi langsung menuju podium untuk meresmikan Bandara Tana Toraja dan Bandara Pantar di Alor, NTT.

“Konektivitas akan semakin baik, pariwisata di sini saya meyakini akan sangat berkembang,” kata Jokowi dalam sambutannya di Toraja, Kamis (18/3/2021).

“Nanti yang dari Makassar (bisa lebih cepat ke Toraja), bisa saja yang dari Bali nanti langsung ke sini, bisa saja yang dari Jakarta langsung ke sini, bisa saja yang dari Bandung langsung ke Tana Toraja, untuk melihat Negeri di Atas angin (Awan), melihat (desa wisata) Kete Kesu, untuk melihat (kawasan wisata) Pango-Pango, saya sendiri pernah ke sini sekali tapi belum melihat ini semua,” tambah Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, Bandara Tana Toraja dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 800 miliar. Bandara yang dibangun di atas pegunungan itu harus memotong 3 bukit.

“3 Bukti dipotong, tanah yang harus dibuang dari sana ada juta meter kubik. Memang bandara ini unik sekali, memotong 3 bukit sehingga runway-nya bisa dibangun,” terangnya.

Runway atau landasan pacu Bandara Tana Toraja dibangun sepanjang 2.000 meter, namun yang efektif dapat dioperasikan baru sepanjang 1.700 meter. Dari Makassar, pesawat jenis ATR 72-600 dapat menempuh perjalanan sekitar 50 menit hingga di bandara tersebut.

“Kita tahu biasanya masyarakat di sini kalau lewat darat mau ke Makassar itu butuh waktu 9 jam. Tadi saya coba dengan ATR, 50 menit. Artinya apa, mobilitas orang, mobilitas barang itu akan ada kecepatan,” ujar Jokowi.

Baca Juga :   Dua Penantang yang Berpotensi jadi Lawan Chaidir Syam di Pilkada Maros

Usai sambutan, Jokowi secara simbolis meresmikan Bandara Tana Toraja dan Bandara Pantar di Alor NTT dengan memukul gandang dan menandatangani prasasti.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com