DAERAH

Rugikan Nelayan, IMM: Hentikan Pengerukan Pasir Laut PT Boskalis

Ketua IMM Makassar Timur, Muslim Haq

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Makassar Timur akan berkunjung ke Pulau Sangkarrang untuk mengawal gerakan penolakan tambang pasir yang terjadi di Sangkarrang.

Ketua Umum IMM Makassar Timur, Muslim Haq. M, menyayangkan adanya penambangan pasir di kawasan Pulau Sangkarrang dikarenakan akan berdampak  buruk dalam beberapa tahun ke depan.

“Ini mengancam mata pencaharian para warga setempat sebagai nelayan. Ekosistem laut ikut terancam sehingga dikhawatirkan akan muncul masalah baru jika tambang tetap dilanjutkan. Operasi tambang ini harus dihentikan sebagai solusi terbaik dari permasalahan ini,” ujarnya.

Lanjut Muslim, dirinya meminta semua pihak untuk turun membantu warga nelayan Pulau Sangkarrang.

“Kami juga meminta kepada semua pihak baik unsur pemerintahan maupun non pemerintahan untuk terlibat dan mengambil peran masing-masing dalam menolak aksi tambang pasir ini,” tambahnya.

Baca juga :  Belum Temui Warga Nelayan Pulau Kodingareng, Dinas Kelautan Sulsel Tunggu Undangan Pelindo

Sebelumnya ratusan massa menggelar aksi dan membentangkan spanduk hingga memblokir aktivitas tambang pasir laut Boskalis dan meminta agar penambangan segera dihentikan, dan menyampaikan pernyataan sikap.

Advertisement

Berikut pernyataan sikapnya masyarakat Pulau Sangkarrang:

1. Boskalis agar segera menghentikan aktivitas tambang pasir laut, khususnya di wilayah tangkap nelayan.
2. Boskalis untuk tidak melakukan upaya intimidasi dan kriminalisasi terhadap nelayan lokal-tradisional.
3. PT. Pelindo IV untuk menghentikan proyek reklamasi dan pembangunan MNP tahap II dan segera melakukan konsultasi publik yang bermakna dengan seluruh komunitas nelayan pesisir Kota Makassar.
4. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menghentikan proyek tambang pasir laut dan mendesak Boskalis segera melakukan pemulihan lingkungan di sepanjang pesisir Galesong yang terdampak tambang pasir laut jilid pertama.
5. Kementerian BUMN dan LHK untuk menghentikan proyek reklamasi Makassar Newport dan mendesak PT. Pelindo untuk melakukan pemulihan hak nelayan pesisir Kota Makassar yang hilang akibat pembangunan Makassar Newport.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com