DAERAH

Varian Delta Menyerang, Kota Makassar kini Berstatus Zona Merah!

Surat Edaran yang ditandatangani langsung oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dengan nomor 400/399/Kesra/VII/2021

MAKASSAR, EDUNEWS.ID– Ditemukannya pasien yang positif terserang virus Covid di Sulawesi Selatan varian delta diakui Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Muhammad Ichsan Mustari.

Ia mengungkapkan, pasien yang positif varian delta tersebut dirawat di Rumah Sakit Pelamonia dan telah sembuh sejak bulan Juni lalu.
“Adami hasilnya, waktu hari lalu. Ada 10 delta. Tapi sudah sembuhmi sekarang. Kan dari bulan Juni itu,” kata Ichsan, Jumat, (16/7/2021).

Pemerintah Kota Makassar meniadakan pelaksanaan salat Idul Adha di masjid dan lapangan. Kebijakan ini merujuk pada surat edaran Menteri Agama, yang melarang pelaksanaan salat Idul Adha di zona oranye dan merah.

“Terutama merujuk surat edaran dari Menteri Agama yang melarang penyelenggaraan salat Idul Adha di Masjid maupun di lapangan, dianjurkan salat Idul Adha di rumah. Nah, begitupun dengan surat edaran instruksi Mendagri, begitupun dengan PPKM, kemudian dilengkapi dengan Surat Edaran Gubernur tentang Salat Idul Adha pada zona yang diizinkan, karena kebetulan merah dan oranye,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramadhan ‘Danny’ Pomanto saat ditemui di rumahnya, Jl Amirullah, Makassar, Sabtu (17/7/2021).

Danny mengatakan keputusan ini juga telah dibicarakan dalam rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar, organisasi Islam, ulama, dan imam masjid terkait peniadaan salat Idul Adha. Dia meminta masyarakat melaksanakan salat Idul Adha di rumah.

“Salat Idul Adha itu sunah, wajib adalah menyelamatkan jiwa manusia, maka saya bersama Forkopimda berunding dan memutuskan mengikuti secara utuh surat edaran Menteri Agama tentang salat Idul Adha di zona oranye dan zona merah, yaitu salat Id di rumah saja,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Edaran yang ditandatangani langsung oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dengan nomor 400/399/Kesra/VII/2021, menyebutkan salah satu poin dengan mempertimbangkan kajian teknis protokol kesehatan, kondisi zona pandemi kota Makassar saat ini berstatus Zona Merah.

“Kondisi Zona Pandemi Kota Makassar pada saat ini dari zona orange menjadi Zone Merah,” bunyi Surat edaran tersebut yang beredar pada Sabtu (17/7/2021) malam.

Dalam SE tersebut, juga disebutkan bahwa kecepatan penularan akibat covid 19 terdeteksi 11 orang menyebarkan Varian Delta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com