EDUNEWS

Berikut Film Anak Indonesia yang Bertemakan Pendidikan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Selain menjadi sarana hiburan, tahukah kalian bahwa film juga bisa menjadi sarana edukasi? Ada baiknya detikers mulai menonton film-film dengan muatan pendidikan. Film dengan muatan pendidikan dapat ditemukan di film anak Indonesia.

Agar tidak bingung harus menonton yang mana, berikut adalah rekomendasi film anak Indonesia yang dirangkum oleh detikEdu:

1. Laskar Pelangi

Siapa yang tidak tahu Laskar Pelangi? Film yang diangkat dari novel best seller karya Andrea Hirata juga menorehkan prestasi luar biasa ketika diadaptasi menjadi film. Film ini menceritakan tentang perjuangan anak-anak yang bersekolah di Belitung, kampung dari Andrea Hirata sendiri. Film ini mengisahkan perjuangan guru dan murid yang bersekolah di Muhammadiyah.

Film anak Indonesia ini kental akan nilai-nilai pendidikan yang dilihat dari beberapa tokohnya seperti Bu Muslimah yang mengajar tanpa mengharap imbalan, Pak Harfan yang sangat memotivasi, Lintang anak kurang mampu yang memiliki semangat belajar yang tinggi, dan Ikal sosok yang penuh optimis. Film ini ada kisah nyata dari penulis Andrea Hirata.

2. Sokola Rimba

Sokola Rimba adalah film yang menceritakan tentang seorang perempuan bernama Butet Manurung (Prisia Nasution) yang mengajarkan baca tulis kepada anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam. Suku Anak Dalam dikenal dengan anak Orang Rimba.

Film ini wajib ditonton karena menyadarkan kita bahwa banyak anak yang belum tersentuh dengan dunia pendidikan. Selain itu, Sokola RImba juga mengingatkan perjuangan agar pendidikan dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia.

3. Petualangan Menangkap Petir

Petualangan Menangkap Petir adalah film yang diperankan oleh Abimana Aryasatya pada tahun 2018. Film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Sterling yang aktif mengelola konten Youtubenya sehingga Sterling (Bima Azriel) tidak memiliki teman.

Film ini mengajarkan kita bagaimana caranya bergaul dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Film ini tidak murni tentang pendidikan tetapi dengan menonton film ini detikers dapat belajar bagaimana caranya merasakan keseruannya menjadi anak-anak dan bergaul dengan sesama.

4. Negeri Lima Menara

Film anak Indonesia selanjutnya adalah Negeri 5 Menara. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi. Negeri 5 Menara menceritakan seorang anak bernama Alief yang berat hari untuk melanjutkan pendidikannya di pesantren di Ponorogo.

Akhirnya, di sana Alief bertemu dengan teman-temannya yang asik dan seorang ustaz bernama Salman yang sangat memotivasi dan penuh gairah. Nilai edukasi dalam film ini adalah terlihat dari seringnya penyebutan Man Jadda Wa Jadda yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil. Film ini juga menggambarkan pendidikan pesantren yang sangat disiplin.

5. Sepatu Dahlan

Sepatu Dahlan adalah kisah hidup mantan Menteri BUMN Indonesia, Dahlan Iskan semasa sekolahnya. Film ini mengisahkan ketika Dahlan masih berusia anak-anak sangat menginginkan sepatu baru dan sepeda. Tetapi, saat itu Dahlan tidak mampu membelinya.

Film ini juga menceritakan bagaimana semangat Dahlan yang harus menempuh jarak yang sangat jauh, dengan bertelanjang kaki untuk bersekolah setiap harinya. Sepatu Dahlan merupakan film motivasi agar sesulit apapun keadaannya keinginan untuk bersekolah tetap harus ada.

6. Jembatan Pensil

Jembatan Pensil adalah film yang berlatarkan di Perkampungan Muna, Sulawesi Tengah, di mana daerah tersebut anak-anak usia sekolah dasar (SD) berusaha untuk mendapatkan pendidikan di sekolah gratis.

Menariknya, film ini menceritakan anak-anak difabel yang memiliki semangat tinggi. Terdapat tokoh bernama Ondeng dengan keterbelakangan mental, Askal adalah seorang tuna netra, dan anak-anak lainnya yang bernama Inal, Ria, dan Yanti. Dalam film ini tersirat semangat untuk bersekolah serta belajar dapat terjadi dimana saja.

7. 5 Elang

Bagi kalian penggemar Coboy Junior (Cjr) maka kalian wajib menonton film 5 Elang. Film ini diperankan oleh anggota Cjr seperti Iqbal, Kiki, dan Bastian ketika masih anak-anak.

Film ini menceritakan petualangan 5 orang anak yang mengikuti perkemahan. Film anak Indonesia wajib ditonton karena di dalamnya membahas tentang kegiatan kepramukaan dan juga 10 pilar dasa darma yang termasuk dalam pendidikan karakter di kegiatan pramuka.

dtk

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com