EDUNEWS

Dampak Konflik Turki, Kemenristekdikti Jamin Pendidikan Mahasiswa Indonesia

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Indonesia menjamin keberlangsungan pendidikan mahasiswa asal Indonesia di Turki, yang oleh pemerintah Turki diduga terkait jaringan Fethullah Gulen.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi, Muhammad Nasir.

“Mahasiswa (di) Turki, belajar terus, tentang beasiswa yang dihentikan pemerintah Turki, nanti Indonesia akan membiayai itu,”ujar Muhammad Nasir usai menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membahas soal mahasiswa Indonesia di Turki, di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, kamis (8/9/2016).

Kata dia yang terpenting adalah keamanan dan keberlangsungan belajar mahasiswa-mahasiswa tersebut.

Bila memang dirasa Turki sudah tidak aman, pemerintah menjamin bila mereka hendak meneruskan kuliah di negara lain.

Baca juga :  Hadiri Hari Pers Nasional, Jokowi Akui Wartawan Buat Saya Gugup, Karena Ngak Siap Ditanya Sesuatu

“Kalau Turki dirasa tidak aman, pindah ke negara lain kita persilahkan, nanti pemerintah yang akan menjamin beasiswa mereka,”jelasnya.

Akibat dituduh terlibat jaringan dari lawan politik Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan, yakni Fethullah Gulen, beasiswa sejumlah mahasiswa Indonesia dari lawan politik Presiden Turki itu dihentikan. Padahal menurut Nasir mereka tidak terlibat gerakan politik.

Soal berapa jumlah mahasiswa Indonesia yang bermasalah di Turki, Nasir belum bisa menjelaskan. Kata dia hingga kini pemerintah melalui Kementerian Luar Negri (Kemenlu) dan lembaga terkait, masih terus menghitung.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!