EDUNEWS

Dosen MIHI UMY Lakukan Pengabdian Masyarakat di HMI

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID-Tugas seorang dosen bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan untuk mengambil peran-peran strategis di masyarakat dalam upaya menyikapi persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan.

Dr. Surwandono, M.Si., dan Dr. Ahmad Sahide, S.IP., M.A., dosen Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian dengan bermitra bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY.

Pengabdian yang berlangsung di Study Hall MIHI UMY, pada hari Senin, 27 Mei 2019, ini dihadiri 14 orang kader Komisariat Fisipol UMY dengan mengangkat tema “Diskursus Deradikalisasi Gerakan Mahasiswa Ekstra Kampus”.

Tema pengabdian ini diangkat untuk menyikapi menguatnya kelompok-kelompok radikal di Indonesia yang mana dari beberapa penelitian banyak melibatkan masyarakat kampus. Oleh karena itu, dengan agenda pengabdian ini, gerakan mahasiswa diharapkan menjadi agen dari gerakan deradikalisasi di kalangan mahasiswa dan generasi muda.

Baca juga :  Hanya 101.906 Siswa yang Lulus SNMPTN

Dr. Surwandono, yang bertindak selaku narasumber awal memberikan pemetaan pemikiran kelompok radikal di Indonesia. Sementara, Dr. Ahmad Sahide lebih banyak mengajak peserta untuk diskusi mengenai radikalisme dan faktor-faktor penyebab kemunculannya.

“Menguatnya radikalisme di dunia Islam tidak terlepas dari sejarah dunia Islam hari ini yang sudah jauh tertinggal dari Eropa dan Barat yang direspons dengan perlawanan secara radikal untuk mengembalikan kejayaan Islam pada periode klasik sejarah perkembangan Islam,” jelas Ahmad Sahide.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!