EDUNEWS

FTK UIN Alauddin Makasar Adakan TOT Konsultan ISO 9001:2015

 

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar sebagai lembaga perguruan tinggi Islam terus berusaha mengembangkan kapasitas dan kompetensi dosen dalam menatap kualitas pendidikan yang lebih baik. 

Untuk mendukung hal tersebut, pihak kampus mengadakan TOT Konsultan ISO 9001:2015 Bertempat di Gedung pertemuan Fakultas Tarbiyah yang  diadakan tanggal 16 – 21 Juli 2018.

Dekan Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Dr. H. Muhammad Amri, Lc. M.Ag dalam sambutannya menyampaikan pentingnya manajemen mutu di perguruan tinggi, Untuk itu beliau berharap agar di masa yang akan datang FTK  berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015.

Ia juga menyampaikan agar para dosen yang mengikuti TOT  ISO 9001:2015 bisa melakukan penerapan sistem manajemen mutu yang tercapai , terukur, dan akan terus dikembangkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada para stakeholder di FKT. ISO 9001:2015 merupakan wujud komitmen dalam meningkatkan layanan yang prima khususnya terhadap para stakeholder.

Komitmen  dan  upaya dari FTK UIN Alauddin dalam melahirkan konsultan ISO 9001:2015  mendapatkan apresiasi  dari Equal Assurance, sebuah badan sertifikasi international yang terakreditasi dengan JAS-ANZ ( Joint Accreditation System-Australia & Selandia Baru) untuk memberikan TOT sistem manajemen ISO 9001:2015. 

Ainur Laksono trainer kegiatan ini menyampaikan bahwa pada salah satu materi Audit ini mencakup pemeriksaan terhadap alur proses aktual pada beberapa bagian organisasi khususnya yang terkait dengan ruang lingkup sertifikasi ISO dalam aspek pelayanan terhadap pelanggan; melihat dan meninjau kesesuaian terhadap alur proses terkait dengan standar yang  telah ditentukan ISO; dan menilai kecukupan dokumen pelayanan Publik maupun dokumentasi dari pelaksanaan dokumen tersebut.

Selanjutnya Ainur Laksono, yang juga Representatif Manager Indonesia Equal Assurance menyampaikan  dalam JAS ANZ. 

 – Joint Accreditation System of Australia and New Zealand (JAS-ANZ) didirikan pada tahun 1991 oleh pemerintah Australia dan Selandia Baru untuk memperkuat hubungan perdagangan antara kedua negara dengan negara-negara lain. JAS-ANZ adalah anggota dari Forum Akreditasi Internasional (IAF) dan Asosiasi Lembaga Sertifikasi Terakreditasi (AACB) yang menjadi lembaga sertifikasi international

Syaifulloh Trainer pelatihan ini juga  menyampaikan, bahwa tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001 : 2015 untuk mengatur sistem administrasi dan dokumen,  mengelola resiko yang dapat muncul, membangun sistem dasar dalam perusahaan atau organisasi terpenuhi dari mulai aturan yang berhubungan dengan manusia (HR) sampai dengan hal yang mengatur tentang proses (produksi), untuk memastikan setiap proses dan tahapan telah dilakukan sesuai aturan prosedur maupun standar baku yang telah ditetapkan, melakukan kontrol terhadap top manajemen agar lebih fokus dan konsisten dalam mencapai sasaran mutu  yang telah ditetapkan.

Profesor Syahrudin, salah seorang peserta TOT Konsultan ISO 9001:2015 menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap materi manajemen mutu ini karena dengan sistem ini  organisasi bisa mengetahui manajemen resiko yang bisa dihindari serta  mencapai program organisasi secara maksimal.

 

RLS | EDUNEWS

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!