Inovasi

Bison, Material Baru Piezoelektrik Penghasil Listrik Terbarukan

 

 

PURWOKERTO, EDUNEWS.ID – Di tengah krisis energi yang semakin mengancam stabilitas negara, lima mahasiswa/i FMIPA Unsoed ikut turun tangan dengan penelitian senyawa ‘BISON’, berupa material piezoelektrik baru berbasis BNT-ST- Fe 2 O 3.

Material ini disinyalir lebih unggul daripada pendahulunya PZT (Lead Ziconate Titanate) karena bebas dari timbal yang berbahaya, namun tetap memiliki karakteristik piezoelektrik yang menghasilkan listrik lewat pemberian gaya tekan.

Adalah Nugraheni Puspita Rini (2014)/Mahasiswa Fisika Unsoed bersama Mohammad Afif (2013), Victor Reynaldi (2014), Eriska Winayanti (2014), dan Ika Nuryunita Sari (2014) serta pembimbigngnya Dr Eng Mukhtar Effendi yang telah menemukan material baru tersebut.

Pemilihan bahan piezoelektrik ini mengingat ketersediaan bahan penyusun Bison yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, serta kegunaannya yang ramah lingkungan, hingga Bison akan mampu diterapkan pada skala rumah tangga, juga di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh aliran listrik.

Material Bison yang hanya membutuhkan gaya tekan untuk menghasilkan listrik ini akan memudahkan pengaplikasiannya dalam bidang apapun juga.

“Mengingat semakin diperlukannya energi baru dan terbarukan di masa sekarang, maka kami memilih BISON yang memiliki kualitas kelistrikan yang baik. Penelitian kami akan meningkatkan nilai konduktivitasnya dengan doping logam yang berasal dari pasir besi yang cukup melimpah di daerah Cilacap,” ucap Nugraheni Puspita Rini, Ketua Tim Penelitian kepada edunews.id, Sabtu (22/7/2017).

Para mahasiswa FMIPA ini yakin bahwa pengembangan penelitian BISON akan dapat menjadi salah satu sumber energi yang berandil sebagai juru selamat krisis energi, dan akan mampu membawa Indonesia berlari mengejar pangsa energi di tahun 2025 mendatang.

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!