Inovasi

Disdik Sumut Luncurkan e-PATEN

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat bersama mahasiswa dan siswa

 

 

MEDAN, EDUNEWS.ID – Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Arsyad Lubis mengatakan, program E-Paten adalah terobosan baru di tahun 2017 bagi dunia pendidikan.

Nantinya pelayanan bidang pendidikan di Sumut sudah menggunakan elektronik. E-Paten meliputi berbagai sektor yakni berita pendidikan secara global hingga menjangkau ke seluruh kabupaten kota.

“Kemudian kolaborasi antar stakeholder (jalinan kerjasama) untuk bidang pendidikan yang dimulai dari Gubernur, Sekda, Kadis Pendidikan, Sekretaris Disdik, Dewan Pendidikan Provinsi, Pengawas dan Kepala Sekolah serta peserta didik dan orangtua,” katanya, belum lama ini.

E-Paten juga meliputi pelayanan publik bidang pendidikan sehingga terjalin komunikasi antar peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan serta orangtua peserta didik. Komunikasi belajar juga bisa diakses secara elektronik, selain juga diberlakukan test online, pada pra semester, pra ujian sekolah, pra ujian nasional, seleksi peserta didik serta seleksi pendidik dan tenaga pendidikan.

Baca juga :  Siswa Pemegang 'Kartu Sakti' dapat Jatah Sekolah Favorit
Advertisement

Disdik Sumut juga menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online mulai dari proses pendaftaran, pelaksanaan seleksi, pengumuman hasil seleksi , lapor diri dan pengumuman bangku kosong.

Menyikapi sejumlah kritik khsususnya dari kalangan legilstor di DPRD Sumut terkait penggunaan yel-yel ‘Paten’ tersebut Arsyad mengatakan hal itu hanya bagian dari riak-riak dan tantangan untuk pihaknya bekerja lebih baik lagi.

“Kritik itu pasti akan tetap ada, meskipun kelak kondisi perekonomian dan pembangunan Sumut sudah dalam posisi aman. Ini merupakan tantangan bagi kita selaku bagian dari SKPD Pemprov Sumut untuk terus berinovasi,” katanya.

Jargon Sumut Paten yang belakangan menjadi viral di daerah ini, diyakini Arsyad sebagai yel-yel positif untuk memacu kinerja dalam upaya membangun Sumut.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com