Inovasi

Mahasiswa Buat Masker Daun Mint

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Berawal dari keresahan soal debu vulkanik yang terhirup masyarakat pasca erupsi Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Airlangga (Unair) menggagas masker anti debu vulkanik dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Invitasi Keterampilan Relawan Antar KSR PMI se-Jawa.

Masker itu dinamakan ‘Kebul’ alias Masker Debu Vulkanik dengan Mentha Spicata dan Activated Carbon yang berfungsi mengurangi resiko infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) yang bisa disebabkan debu vulkanik yang terhirup pasca erupsi Merapi.

Ide pembuatan masker Kebul tertuang dari pemikiran empat mahasiswa dari berbagai fakultas, di antaranya Zaenab (Fakultas Keperawatan), Khisula Risqi Andani dan Wisqi Supramulyana (Fakultas Kesehatan Masyarakat), serta Fadhailu Chorizu (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik).

Baca juga :  Mapala Unair Kibarkan Bendera di Gunung Denali

“Sebelumnya kan orang-orang itu cuma pakai surgical mask atau masker bedah, padahal sebenarnya masker itu tidak terlalu berfungsi karena tidak didesain untuk menyaring partikel debu vulkanik,” ungkap Zaenab, seperti dilansir dari laman Unair, Jum’at (26/5/2017).

Advertisement

Masker gagasan mahasiswa ini dibuat dengan memanfaatkan ekstra Mentha Spicata atau yang biasa dikenal dengan daun mint. Selain itu, mereka juga memanfaatkan karbon aktif yang mempunyai kemampuan sebagai zat adsorben yang berfungsi menyerap zat-zat seperti karbonmonoksida, karbondioksida, dan asam sulfat.

Nantinya, masker Kebul tersebut dapat menyerap zat-zat berbahaya yang dihasilkan debu vulkanik, serta memberikan efek aromaterapi daun mint yang dapat menyegarkan pernapasan.

Namun, Zaenab menuturkan bahwa ide pembuatan masker Kebul ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa karbon aktif dan Mentha Spicata dapat dijadikan kandungan aktif dalam masker sehingga ke depannya dapat dijadikan sebagai produk nyata dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com