Kampus

10 Jurusan Kuliah ini hanya Ada Satu di Indonesia

Teknologi Batik/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat menduduki bangku perkuliahan, kita dihadapkan dengan beragam pilihan jurusan kuliah. Beberapa di antaranya tentu sudah tidak asing lagi, seperti Ilmu Ekonomi, Kedokteran, Ilmu Hukum, Teknik, dan lain sebagainya.

Namun, terdapat beberapa jurusan kuliah langka di Indonesia. Bahkan, jurusan tersebut hanya ada satu di Indonesia dan terdapat di universitas tertentu saja. Penasaran jurusan-jurusan apa saja itu?

Deretan jurusan kuliah yang langka di Indonesia yang dikutip dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti):

1. Astronomi

Jurusan Astronomi hanya terdapat di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan ini mempelajari seputar tata surya (benda-benda langit) dan menitikberatkan pada penerapannya dengan ilmu fisika.

2. Sastra Belanda

Jurusan sastra Belanda hanya terdapat di Universitas Indonesia (UI). Di jurusan Sastra Belanda, detikers tidak hanya mempelajari kebahasaannya saja tetapi juga belajar seputar sastra, sejarah, linguistik, dan juga budaya Belanda.

3. Teknik Nuklir

Jurusan kuliah langka selanjutnya adalah teknik nuklir. Jurusan ini masuk dalam rumpun teknik tetapi hanya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Di jurusan ini, kalian akan mempelajari teknik nuklir yang dikaitkan dengan Ilmu Fisika dan Matematika sepanjang perkuliahan.

4. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen terdapat di Institut Pertanian Bogor (IPB). Di jurusan ini, para mahasiswa belajar mengenai peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga. Jurusan ini cocok untuk kalian yang ingin berkarier di bidang pemberdayaan keluarga.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan terdapat di Universitas Airlangga (Unair). Jurusan ini membahas tentang berbagai hal yang terkait dengan robot dan kecerdasan buatan atau lebih dikenal artificial intelligence.

6. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Jurusan kuliah Sains Atmosfer dan Keplanetan terdapat di Institut Teknologi Sumatera (Itera). Para mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Eits, jangan kegocek ya karena jurusan ini berbeda dengan jurusan Astronomi.

7. Teknik Transportasi Laut

Bagi detikers yang tertarik dengan dunia perkapalan, kalian bisa masuk ke jurusan Teknik Transportasi Laut. Jurusan kuliah langka ini terdapat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mahasiswanya akan mempelajari tiga fokus utama yaitu pelayaran, Pelabuhan, dan logistic di dunia maritim.

8. Rekayasa Nanoteknologi

Ternyata terdapat jurusan yang mempelajari materi berukuran nano atau sesuatu dengan ukuran yang sangat kecil. Jurusan ini adalah Rekayasa Nanoteknologi dan hanya terdapat di Unair, Surabaya.

9. Manajemen Industri Katering

Bagi detikers yang ingin menjadi pengusaha katering sangat disarankan untuk masuk ke jurusan Manajemen Industri Katering. Jurusan kuliah langka ini hanya ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan mempelajari mengenai manajemen operasional usaha kuliner.

10. Teknologi Batik

Jurusan kuliah langka yang terakhir adalah Teknologi Batik. Ternyata, batik tidak hanya soal mengukir pola-pola saja, tetapi juga ada filosofi mendalam di baliknya hingga menjadi produk yang dikenal sebagai kain batik. Jurusan ini hanya terdapat di Universitas Pekalongan (Unikal).

dtk

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com