Inovasi

250 Mahasiswa Indonesia Lanjutkan Studi Di Prancis

JAKARTA, EDUNEWS.id – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menggelar acara seminar keberangkatan dan persiapan studi bagi calon mahasiswa Indonesia di Prancis pada 12 Juli  2016 mendatang di Soehanna Hall Jakarta.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Ibu Corinne Breuzé mengatakan pada tahun ajaran 2016 kali ini lebih dari 250 mahasiswa Indonesia siap berangkat ke Prancis untuk menempuh pendidikan tinggi unggulan. Mereka berhasil diterima di berbagai universitas dan sekolah tinggi di Prancis berkat motivasi dan rencana studi mereka yang berkualitas.

“Setiap tahun kami mencatat semakin beragamnya tingkat pendidikan yang akan ditempuh yaitu pendidikan Licence (S1), Master (S2) dan Doctorat (S3) dan semakin beragamnya pilihan ranah studi; sastra, pendidikan bahasa Prancis, geografi, ilmu politik, hukum, sosiologi, psikologi, ekonomi, komunikasi, sinema, arsitektur, pariwisata, perhotelan dan restorasi, fashion dan desain. Di balik pilihan studi ini sebenarnya tercermin intensifikasi kerja sama kedua belah negara yaitu secara umum dalam bidang politik, ekonomi, kolaborasi ilmiah dan kebudayaan. Kerjasama pendidikan dan antar-universitas memegang peran penting dalam diplomasi Prancis dan Indonesia dan kini tercatat 120 perjanjian kerja sama antara universitas di Indonesia dan universitas di Prancis,” ujar Corinne.

Baca juga :  Sekda Akan Cek Siswa Baru SMA Negeri 6 Yang Langgar Juknis

Rangkaian acara seminar keberangkatan terdiri dari presentasi proses administrasi setiba di Prancis, presentasi perwakilan Business France Bapak Jean-Philippe Arvert mengenai peluang bagi lulusan Prancis di dunia kerja, presentasi metodologi perkuliahan, berbagi pengalaman dan tips sukses studi bersama alumni Prancis, konferensi telewicara dengan alumni Perancis sekaligus penulis novel “Eiffel, I’m in Love” Rachmania Arunita dan Atase Pendidikan KBRI Paris Bapak Surya Rosa Putra, presentasi dari perwakilan perusahaan Perancis; Air Liquide dan Palyja serta pemutaran film dokumenter ‘Studi di Prancis’ karya Rachmania Arunita.

Advertisement

Terkait peran mahasiswa Indonesia di Prancis, Dubes Corinne Breuzé menambahkan, “Para mahasiswa Indonesia di Prancis adalah ‘duta besar’ yang mewakili kehadiran Indonesia di negara Prancis sekaligus perwakilan institusi asal mereka. Keberhasilan mereka dalam studi adalah juga keberhasilan negara Indonesia dan institusi asal mereka. Sepulang dari Prancis, para mahasiswa ini akan bergabung dengan lebih dari 4000 alumni Prancis dan menjadi ‘duta besar’ Prancis bagi Indonesia.”

Terkait kondisi mahasiswa Indonesia di Prancis, Atase Pendidikan dan Kebudayan Kedubes Indonesia di Paris Bapak Surya Rosa Putra mengatakan Saat ini ada sekitar 700 mahasiswa Indonesia yang tercatat aktif di berbagai universitas di Prancis berdasarkan data Kementerian Pendidikan Nasional Prancis. Selain kuliah mahasiswa Indonesia juga berorganisasi, salah satunya dengan bergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia atau PPI. Sebagai Atase Pendidikan ada sekurangnya dua tantangan bagi kami yaitu bagaimana menjadikan KBRI sebagai rumah kedua bagi mahasiswa Indonesia dan bagaimana meningkatkan kerjasama pendidikan dan riset yang resiprokal antara universitas-universitas di Indonesia dan universitas di Prancis.

Kepada generasi muda Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, Bapak Surya berpesan agar mereka memilih Prancis sebagai destinasi studi yang unggul. “Universitas-universitas di Prancis layak dijadikan tempat untuk studi lanjut karena memberikan pola pikir yang mendasar, komprehensif dan demokratis. Selain itu, studi di Prancis memberikan peluang untuk lebih memahami masyarakat Uni Eropa. Pemahaman ini akan menjadi modal sosial yang besar untuk terlibat dalam era globalisasi,” katanya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com