Kampus

Alumni Desak Rektor UNJ Bersihkan Nama Kampus

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ) mendesak Rektor UNJ untuk membersihkan nama baik kampus terkait dengan isu plagiarisme yang belakangan ini menerpa perguruan tinggi tersebut.

Ketua Umum IKA UNJ, Juri Ardiantoro, menyayangkan adanya rumor kencang yang beredar terkait plagiarisme di UNJ. Rumor ini harus diperjelas kebenarannya.

“Kami berharap pimpinan kampus (rektor) proaktif menyikapi rumor ini. Nama kampus harus dibersihkan,” tegas Juri, seusai Pelantikan Pengurus IKA UNJ, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Plagiarisme, menurut Juri, merupakan penyakit, racun, bahkan barang haram yang tidak boleh ditoleransi lembaga pendidikan. Terlebih lagi, UNJ adalah kampus dengan kekhasan yakni sebagai ‘pabrik’ yang mencetak tenaga pendidik. Rumor plagiarisme ini juga akan mengurangi rasa percaya diri mahasiswa, juga alumni terhadap ijazahnya yang selama ini dibanggakan.

Baca juga :  Tingkatkan Kompetensi PTN, Rekrut Rektor Asing Bukan Solusi

“Supaya ada kepastian dan tidak menjadi rumor isu yang merusak citra lembaga pendidikan ini. Jangan berlarut-larut,” tandas Juri.

Advertisement

Sikap resmi IKA UNJ, kata Juri, ingin ada tindakan nyata dan cepat untuk klarifikasi atau meneliti dan membuat penilaian, keputusan, apakah plagiarisme nyata adanya atau tidak.

“Sistem pendidikan sudah memiliki standar untuk menindak plagiarisme,” ujar dia.

Terkait dengan keberadaan kelas jauh kerja sama pascasarjana, Juri mengaku tidak terlalu memahami. Namun, sejauh pengetahuannya, prosedur kelas jauh sudah memenuhi syarat. Jikapun ada masalah, biasanya terjadi karena ada penyimpangan dalam pelaksanaannya.

“Jika ada penyimpangan, kembalikan ke jalur yang benar agar UNJ kembali bermartabat,” serunya.

Sementara itu, Rektor UNJ, Djaali, tidak berkomentar satu kata pun saat dimintai keterangan mengenai isu plagiarisme dan penyimpangan implementasi kelas jauh kerja sama pascasarjana di kampusnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com