Kampus

Baru Tiga Jurnal PTKI yang Terindeks di Scopus

 

 

TANGERANG, EDUNEWS.ID – Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mendorong Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk terus memperkuat kualitas publikasi karya ilmiahnya. Kamarudin meminta jurnal ilmiah terbitan PTKI yang terindeks di Scopus terus bertambah.

Hal ini ditegaskan Kamaruddin Amin saat berbicara pada Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Pangkalan Jurnal Moraref, Rabu (31/5/2017) di Tangerang.

Saat ini, Kementerian Agama baru memiliki tiga jurnal yang terindeks di Scopus yang diakui secara internasional. Ketiga jurnal tersebut adalah Jurnal Al-Jamiah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Studia Islamika (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Journal of Indonesian Islam (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Selain itu, baru dua jurnal lainnya yang telah submit Scopus, yaitu: Jurnal Iqtishod (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan JIA (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Untuk itu, Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini berharap Portal Moraref dapat menjembatani penguatan publikasi karya ilmiah sehingga jurnal PTKI yang terindeks di Scopus semakin banyak.

Baca juga :  AICIS 2016, Tiga Jurnal Milik PTKIN Diakui Internasional
Advertisement

Moraref merupakan portal akademik yang dibangun untuk mendorong dan membantu digitalisasi dan indeksasi jurnal ilmiah di PTKI. Sedang Scopus merupakan pusat data terbesar di dunia yang memuat jutaan literatur Ilmiah dan mempunyai peran pengindeks literatur Ilmiah.

Kamaruddin minta Moraref difungsikan sebagai etalase akademik para civitas akademika PTKI yang berkualitas tinggi sehingga dapat diakui oleh masyarakat akademik di dunia.

“Pada prinsipnya, untuk terus meningkatkan mutu PTKI, Kementerian Agama akan memberikan dukungan penuh dalam kebijakan dan anggaran,” kata Kamaruddin.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com