Kampus

Berikut 13 PTN Terbaik Versi Kemenristek, Termasuk Unhas

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kemenristekdikti (kini Kemenristek/BRIN) mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia pada 2019 lalu. Pengumuman ini juga memperlihatkan daftar perguruan tinggi negeri terbaik 2019.

Ada beberapa poin pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 difokuskan pada indikator atau penilaian berbasis Output – Outcome Base. Dengan basis ini, penilaian melihat kinerja masukan dengan bobot 40 persen meliputi Input (15 persen) dan Proses (25 persen), kemudian Kinerja Luaran dengan bobot 60 persen yang terdiri dari Kinerja Output (25 persen) dan Outcome (35 persen).

“Dengan perubahan penilaian kinerja perguruan tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, diharapkan perguruan tinggi didorong untuk lebih menekankan produk atau luaran pendidikan tinggi yang berkualitas yaitu dengan pemberian bobot output yang lebih besar dari bobot input,” ungkap Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo seperti dikutip dari laman resmi Ristekbrin.

Baca juga :  Legislator Sebut ada Kepentingan Dibalik Seminar Revisi UU KPK di USU
Advertisement

Berikut daftar peringkat perguruan tinggi terbaik 2019 untuk membantu Anda memilih universitas saat pendaftaran SBMPTN. Dari 100 PTN dan PTS dalam daftar tersebut, berikut PTN di posisi 13 besar.

1. Institut Teknologi Bandung

2. Universitas Gadjah Mada

3. Institut Pertanian Bogor

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

5. Universitas Indonesia

6. Universitas Diponegoro

7. Universitas Airlangga

8. Universitas Hasanuddin

9. Universitas Brawijaya

10. Universitas Padjadjaran

11. Universitas Andalas

12. Universitas Sebelas Maret

13. Universitas Sumatera Utara

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com