Kampus

BKKBN Sulsel Gandeng FK Unismuh Jalankan Program Bangga Kencana

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar MoU bersama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Selasa (7/6/2021) kemarin.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar MoU bersama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Selasa (7/6/2021) kemarin.

Penandatangan naskah perjanjian kerjasama (MoU) ini dalam rangka memilih Fakultas Kedokteran sebagai institusi pendidikan dan mitra strategis BKKBN dalam melaksanakan program Bangga Kencana melalui Tridarma Perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd menjelaskan, peluang kerjasama ini tentunya agar program bangga kencana bisa kembali dilirik oleh semua kalangan.

“Program BKKBN cakupannya luas di masyarakat, selain program pelayanan KB kami juga fokus dengan percepatan penurunan stunting, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena target kami tidak akan tercapai jika dilaksanakan sendiri,” ungkapnya.

Lanjut, Ia menambahkan, program Pelayanan KB harus didukung dengan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan yang terstandarisasi.

Menurutnya, salah satu pelatihan yang dapat dilaksanakan yaitu melalui program pre service training di institusi pendidikan kedokteran dengan tujuan tersedianya tenaga provider yang terstandarisasi kompeten, sehingga setelah lulus dari pendidikan kedokteran mampu memberikan pelayanan KB.

“Dokter umum memiliki potensi sangat besar dalam upaya peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB. Lulusan dokter baru akan mengikuti internship di daerah di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan akses pelayanan KB,” tambahnya.

Dengan demikian, Ia menilai bahwa MoU ini sebagai langkah yang tepat mengandeng Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh dalam menjalankan program strategis mendatang.

“Bisa bekerjasama apalagi dengan sumber daya yang cukup baik, sehingga berharap bisa berjalan maksimal kedepannya,” tuturnya.

Terpisah disampaikan, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar Prof.Dr.dr.Suryani As’ad, M.Sc, Sp.GK (K) mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel atas amanah yang diberikan.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

Dekan FKIK Unismuh yang baru saja dilantik ini menilai bahwa BKKBN Sulsel telah melakukan program yang sangat terasa bagi masyarakat.

“BKKBN sejak dulu sudah menjadi pioner dalam memperbaiki struktur masyarakat Indonesia, gaungnya terdengar dimana-mana bahkan hingga pelosok, BKKBN cukup cerdas berkolaborasi dan mengempowering mitra kerjanya,” tuturnya.

Dengan demikian, Dokter Spesialis Gizi ini berharap melalui kerjasama ini tentu, ada hasil dan outcome yang diperoleh secara kontiyu yang dapat berkontribusi terhadap masyarakat.

“Unismuh membuka peluang kerjasama dalam memberikan edukasi dan penyiapan tenaga medis terlatih yang siap memberikan pelayanan KB kepada masyarakat,” tutup Prof. Suryani.

Turut hadir Para Pimpinan, Dosen dan Karyawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, hadir pula Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel.

 

 

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com