Kampus

Dapat Pinjaman dari Jepang, ini Kata Rektor UGM

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) memberikan pinjaman sebesar USD 71.627 juta kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dana tersebut untuk membangun pusat riset berkualitas dunia di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Rektor UGM Dwikorita Karnawati mengatakan, kerjasama tersebut akan mendorong UGM untuk melahirkan lulusan yang berdaya saing internasional, terutama dalam bidang riset. Menurut dia, alokasi dana tersebut akan dipakai untuk membangun delapan pusat riset inovasi, teaching industry dan pusat riset bersama.

“Kerjasama ini dirancang untuk fokus pada pengembangan riset untuk menghilirisasi produk riset di beberapa sektor,” ujarnya, Senin (20/2/2017).

Ia menjelaskan, ke depan, riset dari UGM ditargetkan mampu menghasilkan purwarupa di berbagai bidang. Di antaranya sektor kesehatan dan pertanian.

Baca juga :  Universitas Negeri Malang Adakan Seminar Nasional Bimbingan Konseling

“Sehingga akan mereduksi produk impor dan meningkatkan kedaulatan teknologi nasional. Bermitra dengan pihak luar sangat penting, misalnya di bidang kesehatan, saat ini 97 persen alat kesehatan masih impor,” tutur Dwikorita.

[NHN]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!