Kampus

Di Padang, Komisi X Bahas RPL dan Kampus Belum Terakreditasi

 

 

PADANG, EDUNEWS.ID – Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan masih adanya kampus yang belum terakreditasi menjadi pembahasan Panitia Kerja (Panja) Evaluasi Pendidikan Tinggi (Dikti) Komisi X DPR RI dengan pimpinan kampus di lingkungan Kopertis Wilayah X dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akhir pekan kemarin.

Ketua Tim Panja Evaluasi Dikti sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengatakan, pihaknya ingin mengkaji ulang rencana strategi dan program Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Terkait dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dalam hal ini, RPL diarahkan untuk digunakan untuk kampus yang memiliki kekurangan dosen,” imbuh politisi Golkar itu.

Ferdi menambahkan, hal lain yang menjadi pembicaraan terkait masih kurangnya kerjasama antara perguruan tinggi dan industri. Dalam hal ini akan diarahkan agar industri mendukung perkembangan pendidikan tinggi dan sebaliknya. Termasuk masih lemahnya inovasi dan karya paten di perguruan tinggi.

Baca juga :  Komisi X Desak Pemerintah Cari Solusi Permasalahan PPDB

Selain itu, lanjut Ferdi, dibahas juga masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam dikti. Sebagai gambaran, dari 24 juta jiwa usia pantas kuliah dari 18 hingga 24 tahun, hanya 7 juta jiwa yang kuliah tersebar di S1, S2 dan S3. Artinya masih ada persoalan yang mendasar sulitnya masyarakat mengenyam pendidikan tinggi.

Pembahasan juga berlanjut pada isu masih adanya kampus yang belum terakreditasi juga jadi topik pembahasan kali ini. Lalu, kualitas pembelajaran mahasiswa dan upaya meningkatkan prestasi serta potensi usaha setelah lulus.

Sementara itu Koordinator Kopertis Wilayah X Herri berharap aspirasi dari pimpinan PTS tersebut dapat dibahas dan segera diupayakan solusinya. Sebab, jelasnya, dukungan dari DPR RI ini akan membantu penguatan kampus di lingkungan Kopertis Wilayah X seperti penambahan beasiswa bidikmisi di kampus swasta diharapkan dapat diwujudkan.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!