Kampus

Gedung Baru Kampus USU Beroperasi Tahun 2024

 

 

MEDAN, EDUNEWS.ID – Setelah memiliki kampus di kawasan Padang Bulan, Medan, Universitas Sumatera Utara juga akan segera memiliki areal kampus baru di kawasan Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Pembangunan kampus kedua yang memiliki luas 300 hektare itu sudah mulai dilakukan. Peletakkan batu pertama pembangunan kampus baru itu dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, baru-baru ini.

Diproyeksikan, pembangunan kampus dapat diselesaikan dan dioperasionalkan di tahun 2024 mendatang. “Kita berharap pembangunan Kampus II USU ini bisa selesai sesuai target mengingat Kampus USU di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat dari hari ke hari,” jelas Erry.

Erry menyatakan, untuk tahap awal, pihaknya mengucurkan anggaran senilai Rp10 miliar untuk pembangunan kampus tersebut. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan embung yang ke depan akan difungsikan untuk menampung air hujan dan aliran Sungai Tualang yang berada di sekitar kampus.

Baca juga :  Universitas Telkom Gelar Konferensi Internasional Bidang Industri Kreatif

“Embung juga berfungsi sebagai sanitasi air, tempat ekosistem hewan dan tumbuhan, yang bila telah selesai dapat dijadikan alternatif wisata air dan sarana olahraga dayung atau perahu naga. Dana pembangunan embung dialokasikan melalui dana APBD Pemprovsu dan kami terus berkomitmen membangun USU di masa yang akan datang,” jelas Erry.

Melihat infrastruktur jalan yang masih berkalang tanah, ia juga berharap ke depan ada pengaspalan jalan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Deliserdang untuk memberikan bantuan optimal demi terciptanya infrastruktur jalan yang baik.

“Saya kira Rektor USU bisa menyurati Pemkab Deliserdang, namun kalau memang butuh dukungan dari Pemprov, kita akan bantu. Kita berharap pembangunan Kampus II USU ini bisa selesai sesuai target mengingat Kampus USU di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat dari hari ke hari,” jelas Erry.

Baca juga :  Jelang Pleno II, HMI (MPO) Cabang Manado Pertanyakan Sikap Tertutup PB HMI

Rektor USU Prof Runtung mengatakan akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak mengingat banyak sekali hal yang perlu dikerjakan untuk membangun kampus di Kwala Bekala.

“2018 kita anggarkan Rp5 miliar untuk membangun Fakultas Kehutanan. Pada 2019, diharapkan bisa selesai dan digunakan oleh mahasiswa. Proyeksi pembangunan kampus di sini sampai 2024. Dukungan penuh dari semua pihak dibutuhkan untuk pembangunannya,” ujar Runtung.

Ketua Teknis Pembangunan Embung Ahmad Delia Nur menjelaskan, embung yang dibangun adalah embung di bagian Utara. Embung tersebut akan membentang ke Selatan. Embung ini berbeda dengan bendungan atau waduk, karena lebih kecil dari itu. Namun, embung ini akan dapat menampung air dengan volume air hingga 582.000 meter kubik.

Baca juga :  Kurikulum Politeknik akan Diubah Tiap Dua Tahun

“Sebagai ilustrasi, air sebanyak itu bisa digunakan mandi dan minum oleh 100 orang selama satu setengah tahun, atau memelihara ikan lele 3 juta ekor sekaligus,” sebutnya.

Fakultas pertama yang berdiri di sisi Selatan embung adalah Fakultas Kehutanan yang diperkirakan selesai 2018. Juga akan dibangun tempat persinggahan atau penginapan bagi para peneliti dengan kondisi alam yang masih asri.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!