Kampus

Gubernur Sumut Diminta Atasi Polemik USU

MEDAN, EDUNEWS.id – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) dinilai sudah tidak mematuhi lagi Majelis Wali Amanat (MWA) USU dengan keputusan yang mereka keluarkan. Terkait dengan polemik yang terjadi di Kampus Negeri nomor wahid di Sumatera Utara tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Teuku Erry Nuradi diminta untuk turun tangan.

Menurut Direktur Biro Hukum Citra Keadilan Medan, Hamdani Harahap yang merupakan Kuasa Hukum dari kelima dekan yang diberhentikan mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan surat kepada Gubernur Sumut terkait dengan permasalahan yang ada dikampus itu. Isi surat tersebut meminta kepada Teuku Erry Nuradi selaku orang nomor satu di Sumut untuk turun tangan dan berkoordinasi agar Rektor USU tersebut mematuhi keputusan yang sudah dibuat oleh MWA.

Baca juga :  Unsri Usulkan 1.000 Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi

“Rektor USU belum mematuhi keputusan yang dikeluarkan MWA, tapi kami sudah menyurati Gubsu untuk bisa berkoordinasi terkait dengan permasalahan ini,” ujar Hamdi dikantornya kemarin, Kamis (23/6/2016).

Hingga saat ini, Rektor USU belum melaksanakan keputusan yang diambil Majelis Wali Amanat dalam rapat yang digelar pada Hari Senin (20/6/2016). MWA sudah menginstruksikan kepada Rektor USU untuk mencabut kembali SK pemberhentian dan pengangkatan 15 dekan Fakultas se-lingkungan USU.

Hal ini tentu berimplikasi buruk bagi mahasiswa, karena segala aktivitas akademik dan kegiatan Dekan serta Wakil Dekan menjadi cacat hukum dan tidak sah karena melanggar segala aturan dan perundang-undangan.

Untuk ini berdasarkan Pasal 27 Ayat 1 PP No 16 Tahun 2014 Tentang Majelis Wali Amanat USU, MWA memilik hak untuk mengangkat dan memberhentikan Rektor sehingga tidak ada alasan bagi Prof. Runtung Sitepu selaku Rektor USU untuk tidak menjalankan keputusan MWA yang sah tersebut. Serta berjalannya aktivitas akademik secara legal demi peningkatan akreditas USU itu sendiri.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!