Kampus

Hardiknas, HMJ FISIP Undip Gelar Diskusi UKT

SEMARANG, EDUNEWS.ID – Dalam rangka rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Selasa (2/5/2017), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Diponegoro (Undip) menggelar diskusi polemik Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kebijakan UKT tersebut, sudah diterapkan sejak tahun 2013 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di seluruh Indonesia.

“UKT, memang bertujuan memberantas pungli saat penerimaan mahasiswa baru. Kedua, meringankan beban orang tua dengan logika penyesuaian biaya kuliah sesuai dengan kondisi orang tua,” beber dosen STAINU Temanggung, Hamidulloh Ibda saat menjadi pemateri dalam diskusi tersebut.

Akan tetapi masalahnya, kata dia, UKT juga membawa dampak buruk.

“Pertama, fakta riil di lapangan, banyak mahasiswa terbebani karena biaya kuliah makin mahal. Apalagi mahasiswa yang diterima di jalur Ujian Mandiri (UM) karena otomatis masuk golongan 7 yang jumlah UKT-nya sangat mahal,” tegas dia.

Baca juga :  Mahasiswa UMK Ikuti Kegiatan Internasional di Luar Negeri

Seperti diketahui, biaya studi di PTN/PTAIN menggunakan sistem UKT yang dirumuskan berdasarkan BKT. Sistem UKT terdiri atas golongan 1 sampai 7. Terdapat perbedaan dari setiap jalur dari sistem ini yaitu Program Sarjana Strata 1 (S1) dan Program Diploma III (D3). Jalur itu, untuk S1 dan D3 yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Ujian Mandiri UM).

“Sesuai jalur itu, penentuan UTK di tiap PTN/PTAIN juga berbeda tiap kampus. Apalagi, bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) seperti Undip, UGM, UI, maka dekan berhak melakukan otonomisasi standar pembiayaan akademik. Inilah sebabnya, ada perbedaan UKT yang signifikan antarprodi. Sama-sama di satu fakultas dan kampus, jas almamater juga sama, namun besaran UKT beda,” beber dia.

Baca juga :  STEBANK Gandeng KPU Sosialisasi Pilkada Santun

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com