Kampus

IAIN Imam Bonjol Padang Siap Bertransformasi Menjadi UIN

PADANG, EDUNEWS.ID – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang mempersiapkan untuk proses alih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Kesiapan alih status ini dipantau oleh Komisi VIII DPR RI yang membidangi Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Badan Penanggulangan Bencana.

“Kami dari komisi VIII sudah meyakini bahwa IAIN yang usianya sudah genap 50 tahun ini insya Allah akan menjadi UIN. Doakan saja dalam waktu dekat akan menjadi universitas,” ujar anggota Komisi VIII Deding Ishak saat melakukan kunjungan kerja ke IAIN Imam Bonjol, kemarin (31/11/2016).

Menurutnya, Komisi VIII melakukan kunjungan kerja ke IAIN untuk melihat langsung persiapan yang dilakukan, dari segi sarana dan prasarana maupun lainnya. Sebab, lanjut Deding, dalam waktu dekat IAIN Imam Bonjol ini sudah akan menjadi UIN. Deding berharap, alih status ini tidak menghilangkan jati dirinya sebagai dunia pendidikan keislaman.

“UIN ke depan harus berfikir profesional, handal dan teruji,” ujar Deding. Karenanya, sebagai lembaga pencetak intelektual Islam, mahasiswa dan alumni IAIN Imam Bonjol harus dapat berperan sebagai pengawal moral yang akan mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu Rektor IAIN Imam Bonjol Eka Putra Wirman menjelaskan bahwa enam fakultas dengan 35 prodi sudah siap menjadi universitas. Menurutnya, proses demi proses telah dilalui termasuk dukungan Kakanwil kemenag beserta jajaran.

“Percepatan alih status ini diperlukan juga dorongan dari komisi VIII,” harap Eka Putra.

 

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com